Lifestyle

Brand Fashion Manakah Paling Populer Saat Ini?

Seperti halnya dunia hiburan, dunia fashion juga memiliki masa redup dan bersinar bagi para pelakunya, termasuk di dalamnya mengenai popularitas brand.

Mengutip laporan terbaru dari lembaga analis Exane BNP Paribas, disebutkan bahwa Gucci, Louis Vuitton, dan Chanel adalah tiga brand fashion yang tengah jaya berkibar, sedangkan sebaliknya, Prada dan Giorgio Armani menjadi dua brand dengan kemerosotan tertinggi.

Hasil analisis tersebut didasarkan pada rasio antara cakupan editorial yang diterima oleh brand fashion di media cetak dan biaya iklan cetak.

Suatu brand fashion dinilai jaya berkibar jika banyak majalah memberikan cakupan editorial lebih besar dibandingkan dan halaman iklan. Adapun brand fashion yang berhasil meraih cakupan tinggi tersebut adalag Gucci di bawah kendali kreatif Alessandro Michele.

 

Alessandro Michele, desainer kreatif rumah mode Gucci

Alessandro Michele, direktur kreatif rumah mode Gucci

 

Di sepanjang 2016 lalu saja, Gucci meraih peningkatan cakupan editorial di banyak media cetak seberas 15 persen lebih tinggi dari nilai di tahun sebelumnya. Daya tarik cukup kuat dari beragam koleksi lansiran Gucci adalah jalinan konsep retro dan gender bender yang diusung oleh Alessandro Michele pasca ditiinggalkan pendahulunya, Frida Gianini. Bahkan, beberapa koleksi terakhir Gucci juga disebut sebagai pemicu kembali munculnya tren gaya vintage dalam berbusana, baik bagi wanita maupun pria.

Sementara itu, Prada disebut mengalami kemunduran performa ekonominya hingga dua digit. Hal tersebut banyak disebabkan oleh krisis finansial yang belum juga berhasil diatasi oleh brand yang digawangi oleh Miuccia Prada itu. Ditambah dengan melesunya pasar Tiongkok dan Asia Timur, yang merupakan pasar terbesar para brand premium dunia, membuat Prada 'kecolongan' jauh dari ramalan keuntungan di 2016.

 

 

Baca juga artikel
Uniknya Kolaborasi Fashion Gucci dan Snoopy

7 Musisi Beken yang Sukses Berkarir di Industri Fashion

Label Fashion Ini Jual Batu Bata dengan Harga Fantastis

 

 

 

 

 

 

TEKS: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE