icon-category Auto

Bremm Journey Nataru 2022: Rasanya Nyetir Xpander, Nyaman dan Irit BBM

  • 30 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id

Uzone.id - Kenyamanan dan fitur lengkap bukan hanya untuk penumpang, Xpander Ultimate juga punya segudang fitur canggih dan kenyamanan extra yang dipersembahkan untuk pengemudi.

Driver Xpander Ultimate memiliki kendali penuh dengan berbagai tombol kontrol di lingkar kemudi. Setir yang bisa diatur tilt dan telescopic (empat arah) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan postur driver, memudahkan kendali saat menyetir.

Tidak adanya tuas hand brake di konsol tengah, membuat arm rest untuk pengemudi dan penumpang bagian kiri depan menjadi lebih luas dan nyaman untuk sandaran tangan.

BACA JUGA: Yamaha dan Honda Perang Diskon di Penghujung 2022

Kelebihan lain yang Xpander Ultimate punya adalah dia memiliki fitur modern berupa cruise control yang memberi kuasa pengemudi untuk mengatur kecepatan mobil tanpa perlu menginjak pedal gas. Canggih Guys.

Tentu saja fitur ini mengurangi beban tugas driver terutama ketika melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik ke kampung halaman misalnya.

Lebih dari separuh perjalanan dari rumah kami di Depok menuju TMII, kondisi macet parah hingga memakan waktu 1.5 jam lebih lama dari biasanya.

Untungnya, si bongsor ini memiliki fitur auto start stop, yang sigap mematikan mesin saat kondisi jalanan macet atau stop and go di lampu merah. Hal ini juga yang membuat mobil ini bensinnya lebih irit.

Handling-nya baik dan stabil bahkan saat melakukan manuver tajam di jalan bebas hambatan yang lengang. Ketika diajak ke jalanan berlubang atau ada tanggul jalan juga tidak ‘jedag-jedug’, mungkin karena valve baru di suspensi belakang.

Salah satu hal yang kerap jadi kendala para pecinta mobil mini atau ceper seperti sedan, adalah kemampuan menguasai jalanan terbatas. Mobil-mobil imut nan elegan itu angkat tangan ketika harus dibawa menyusuri medan sulit seperti jalan bergelombang, bebatuan hingga menerobos banjir.

Dan tentu saja ini tidak dirasakan mobil MPV yang memiliki ground clearance tinggi, yang ini juga justru menjadi salah satu keunggulan Xpander Ultimate.

Jadi saat kami ajak jalan keliling Depok, berputar-putar di area jalanan yang kurang mulus hingga melintasi genangan air di jalan. Aman lancar jaya tanpa hambatan.

Kami sendiri cukup puas dengan usungan mesin MIVEC berkapasitas 1.500cc yang disematkan Mitsubishi untuk Xpander. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 Ps dan torsinya 141 Nm.

Dan karena sekarang Xpander sudah menggunakan transmisi CVT, jadi akselrasainya jauh lebih halus namun tetap bertenaga dan pastinya lebih irit BBM.

BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

Kesimpulan

Setelah lima hari mengajak Xpander Ultimate keliling wilayah perkotaan, main ke beberapa tempat wisata di ibukota, hingga bermacet-macetan di jalan bebas hambatan, kami menyadari bahwa ternyata mobil keluarga berbodi besar memiliki banyak kelebihan dan keuntungan.

Fitur keamanan lengkap, kabin lega, tangguh menghadapi segala macam rintangan di perjalanan. Terutama ketika digunakan untuk liburan bersama anak-anak, yang cenderung membutuhkan space lebih banyak.

Baik pengemudi maupun penumpang, ketika melakukan perjalanan jauh atau pergi ke tempat wisata saat liburan rasanya sangat nyaman.

Jadi idealisme keluarga kami yang selama ini anti mobil bongsor dan cinta mati dengan mobil mini, sepertinya mulai bergeser nih.

Apakah secepatanya akan membeli mobil Low MPV macam Mitsubishi Xpander ini? Tunggu tambahan tempat parkir yang lebih luas dan panjang dulu deh, daripada kena sanksi denda dua juta, gara-gara tidak punya garasi yang memadai.

Anyway, selamat liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Guys!

VIDEO Test Drive Wuling Almaz Hybrid:

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini