BTS Kena Imbas Banjir, 4 Operator Pastikan Sinyal Tetap Stabil
(Foto: dok. XL Axiata)
Uzone.id -- Hujan deras yang menghasilkan banjir di beberapa wilayah Jabotabek pada hari ini, Selasa (25/2) turut berdampak pada operasional menara BTS dari beberapa operator besar di Indonesia karena pemadaman listrik. Lantas bagaimana nasib sinyal atau jaringan seluler?Empat perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia, Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Smartfren Telecom mengatakan jaringan dan layanannya akan terus dipelihara agar tetap stabil dan normal selama hujan dan kondisi banjir.
Seperti apa tanggapan mereka?
General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan, secara umum kondisi jaringan dan layanan Telkomsel masih berjalan dengan normal dan masih dalam pemantauan intensif, namun memang kendalanya terletak di pemadaman listrik setelah banjir melanda.
“Saat ini di sejumlah titik di Jabotabek dan sekitarnya yang terdampak hujan deras yang merata dan mengakibatkan banjir juga telah dilakukan pemadaman listrik sebagai langkah antisipasi. Untuk itu, Telkomsel telah menggunakan pasokan listrik cadangan dengan mengaktifkan battery dan menyiagakan sejumlah mobile genset sebagai pendukung operasional BTS di sejumlah titik wilayah terkait,” ungkap Aldin kepada Uzone.id pada Selasa (25/2).
Baca juga: 7 Tuntutan SP Indosat Menolak PHK
Telkomsel saat ini mengaku masih dalam proses melakukan inventaris seluruh perangkat produksi dan menyiagakan seluruh tim operasional untuk memantau dan memastikan kenyamanan komunikasi tetap terjaga.
Langkah yang sama juga diambil oleh XL Axiata untuk mengerahkan mobile genset demi memastikan jaringan telekomunikasi tetap berjalan normal di tengah cuaca ekstrem.
“Sudah ada laporan masuk mengenai sebagian kecil BTS terutama yang berlokasi di area yang terkena pemadaman listrik, angka pastinya perlu kami cek. Kami sudah siapkan langkah-langkah antisipatif antara lain dengan rekayasa jaringan dan mobilisasi genset,” ucap Tri Wahyuningsih selaku Group Head Corporate Communication XL Axiata dari sambungan WhatsApp.
Imbas pemadaman listrik yang berdampak pada BTS juga menimpa Indosat Ooredoo. Turina Farouk sebagai SVP Head of Corporate Communications Indosat mengimbau pengguna agar sabar karena perusahaan tengah berupaya agar layanannya bisa sepenuhnya pulih.
Baca juga: Smartfren Beberkan Soal 5G di Indonesia, dari Tarif Hingga Hambatan Virus Corona
Indosat juga mengaku akan memanfaatkan Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan pengguna mendapatkan layanan telekomunikasi dengan baik.
“Beberapa BTS kami di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas gangguan pasokan listrik akibat banjir. Kami mohon kesabaran pelanggan karena kami masih terus berupaya sesegera mungkin memulihkan layanan kami. Saat ini kondisi sudah berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal,” ungkap Turina saat dihubungi Uzone.id.
Sementara Smartfren Telecom juga memastikan bahwa layanannya tidak begitu dipengaruhi dengan adanya pemadaman listrik PLN karena sudah mengandalkan power supply cadangan.
“Memang ada beberapa site BTS yang terkena dampak dari banjir disebabkan adanya pemadaman listrik PLN, tapi semua site sudah dilengkapi battery sebagai power supply cadangan jadi tidak berpengaruh terhadap kualitas layanan. Kita mengerahkan tim teknis sejak dini hari untuk antisipasi situasi,” tutur Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Special Project Smartfren.