icon-category Health

Buka Puasa Boleh Pake Kulit Ayam Ala KFC, Asal...

  • 13 May 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - KFC Indonesia baru saja mengeluarkan menu anyar, yaitu chicken skin. Dari namanya, kamu pasti sudah tahu kalau menu ini menyajikan sebungkus kulit ayam goreng tepung yang renyah. Buat kamu penggemar ayam goreng, pasti sudah gak sabar mau coba chicken skin, apalagi untuk buka puasa.

    Baca juga: Cendol Gak Cuma di Indonesia, Ini Faktanya

    Tapi dari sisi kesehatan, apa boleh buka puasa pakai kulit ayam goreng tepung? Sebelum menjawab pertanyaan itu, kamu perlu tahu kalau chicken skin masuk dalam kategori gorengan.

    Nah, menurut dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK dari Halodoc, kebanyakan makan gorengan tidak sehat untuk tubuh. “Gorengan itu isinya lemak, kulit, dan itu bisa memengaruhi kadar kolesterol tubuh, kolesterol bisa naik,” ujarnya.

    Baca juga: 4 Hal Seru Buat Ngabuburit di Jakarta

    Lagipula, gorengan termasuk makanan dengan nol kalori. Bukan berarti kalorinya benar-benar nol, melainkan makanan tersebut berkalori besar dan tidak ada gizinya.

    “Untuk orang-orang dengan gangguan pencernaan, seperti gastritis (penyakit pada lambung akibat peradangan dinding lambung) atau GERD (asam lambung) gorengan tidak bagus, gejalanya bisa bertambah,” kata Jovita.

    Baca juga: Ngabuburit Sambil Wisata Alam di Pangalengan, Coba ke 5 Lokasi Ini

    Mengonsumsi gorengan sesekali sah-sah saja. Asal, Jovita menyarankan untuk tidak menjadikan panganan tersebut sebagai menu utama, melainkan pendamping. “Makannya tetap pakai sayur, protein yang benar, seperti ayam, ikan, atau daging, nasi,” ungkapnya.

    Gorengan adalah makanan yang minim vitamin dan mineral, serta banyak mengandung lemak trans (lemak jahat). Dalam janga panjang, makan gorengan secara terus-menerus bisa memengaruhi penyumbatan pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini