icon-category Auto

Bus Dual Mode Ini Bisa Beroperasi di Jalan Aspal dan Rel Kereta Api

  • 04 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    DMV (Foto: Asa Coast Railway)

    Uzone.id - Kendaraan mirip bus bernama DMV (Dual Mode Vehicle) punya mode ganda yang bisa berjalan di jalan aspal dan rel kereta api. Bus tersebut mulai beroperasi di kota Kaiyo, Prefektur Tokushima, Jepang, pada Sabtu (25/12/2021). 

    DMV merupakan layanan baru dari perusahaan Asa Coast Railway.Co., untuk meningkatkan kemudahan akses ke tempat-tempat wisata.

    Gubernur Tokushima Kamon Iizumi di acara peluncuran mengatakan bahwa dirinya ingin "mengirim mimpi dan harapan ke dunia" dari Prefektur Tokushima melalui DMV.

    BACA JUGA: Bersiap! Harga Mobil Bakal Melonjak Naik

    Walikota Kaiyo Shigeki Miura, yang juga merangkap presiden Asa Coast Railway, menurutkan bahwa butuh waktu sekitar 10 tahun untuk meluncurkan layanan DMV, seperti dilansir Uzone.id dari Japan Times, Selasa (4/1/2022).

    Asa Coast Railway merupakan layanan kereta api yang menghubungkan Tokushima dan Prefektur Kochi. 

    Bus dual-mode memungkinkan bisa berjalan dengan ban karet di jalan raya dan kemudian roda baja turun dari perut bus saat berada di rel kereta api sehingga mengubahnya jadi gerbong kereta.

    Pergantian mode jalan raya dan kereta apinya cuma butuh waktu sekitar 15 detik.

    BACA JUGA: Mengenal Jenis Suspensi Motor dan Perawatannya

    Miura mengatakan kendaraan itu dapat membantu kota-kota kecil seperti Kaiyo dengan populasi yang menua dan menyusut, di mana perusahaan transportasi lokal berjuang untuk mendapatkan keuntungan.

    "Ini (DMV) bisa menjangkau warga (sebagai bus), dan membawa mereka ke rel juga," katanya, Jumat. "Terutama di daerah pedesaan dengan populasi yang menua, kami berharap ini menjadi bentuk transportasi umum yang sangat baik."

    DMV membawa mesin diesel dan bisa mengangkut 21 penumpang dan berjalan dengan kecepatan 60 km/jam di atas rel dan dapat melaju secepat sekitar 100 km/jam di jalan umum.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini