home ×
Technology

Buzz Aldrin Ngompol di Bulan dan 4 Cerita Unik Lain tentang Apollo 11

21 July 2019 By
Buzz Aldrin Ngompol di Bulan dan 4 Cerita Unik Lain tentang Apollo 11
Share
Share
Share
Share

 

(dok. NASA)

Uzone.id -- Masih dalam rangka memperingati 5 dekade pencapaian Apollo 11 yang mendaratkan dua manusia di Bulan pada 20 Juli 1969, ternyata ada beberapa kisah menarik yang layak diungkap.

Nama Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins akan selalu dikenang oleh warga dunia berkat keberanian dan jasa mereka yang menerbangkan pesawat Eagle menuju Bulan. Collins menjadi pengendali pesawat induk di orbit Bulan, sementara Armstrong dan Aldrin menjadi dua manusia yang menginjakkan kaki di permukaan sang satelit Bumi itu.

Misi Apollo 11 kerap disebut sebagai misi antariksa paling berbahaya karena mau bagaimanapun, menerbangkan awak manusia ke jarak ratusan ribu kilometer dari Bumi bukan hal mudah.

Baca juga: Mengenal Penjelajah Bulan Pertama untuk Misi Apollo 11

Maka wajar jika pencapaian Apollo 11 ini tak hanya mencetak sejarah, namun juga layak dirayakan karena ketiganya berhasil kembali dengan selamat di Bumi pada 24 Juli 1969.

Ada beberapa kisah unik yang menemani perjalanan Apollo 11. Barangkali kamu belum pernah tahu, baca terus, ya!

1. Menu pertama: daging babi asap dan kopi

(dok. NASA)

 

Astronaut tetap butuh makanan yang bikin mereka nyaman. Menu pertama mereka setelah diterbangkan dari Kennedy Space Center, Houston, Amerika Serikat pada 16 Juli 1969 adalah… daging babi asap dan kopi.

Sementara menu harian lainnya adalah daging dan sayur-sayuran. Mereka juga sudah menikmati air hangat dan memakan hidangan dengan sendok. Tiap makanan diberi kode berupa nama dan sudah dilabeli nama hari agar tidak bingung.

2. Gimana cara pipis dan buang air besar?

Kru Apollo 11 tidak memiliki kamar mandi. Jadi mereka menggunakan sistem kantong plastik untuk buang air besar, sedangkan kalau mau pipis ada wadah sendiri yang mirip kondom. 

“Buang air besar dan buang air kecil adalah aspek yang mengganggu selama perjalanan luar angkasa sejak penerbangan awak manusia dimulai,” begitu penuturan di dalam laporan resmi NASA mengenai misi Apollo.

Baca juga: 5 Fakta Menarik di Balik Apollo 11

3. Buzz Aldrin ngompol!

Aldrin dan Armstrong diketahui mengenakan popok di hari mereka mendarat dan berjalan di Bulan. Meski Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, Aldrin mengaku bahwa dirinya adalah manusia pertama yang pernah ngompol di Bulan.

“Di sana benar-benar sunyi dan sepi. Saya sampai ngompol,” ucap Aldrin kepada awak media beberapa tahun lalu, seperti dikutip dari Business Insider.

4. Ratusan orang protes

(dok. NASA)

 

Namanya juga misi menuju Bulan, tentu biayanya gak sedikit. Bahkan, terlampau mahal banget sampai-sampai warga Amerika melakukan protes di luar Kennedy Space Center.

Diketahui misi Apollo ini menelan bujet US$341 triliun. Angka ini dianggap tidak masuk akal oleh sebagian masyarakat karena mereka percaya lebih baik memperbaiki kehidupan di Bumi ketimbang mengirim awak manusia ke Bulan.

Bahkan ada hasil pungutan suara yang dikutip oleh NASA, enam bulan sebelum Apollo 11 dilaksanakan, hanya ada 39 persen warga AS yang mendukung misi penerbangan menuju Bulan.

5. Ada pidato cadangan jika para astronaut meninggal

Misi antariksa selalu menyimpan misteri, karena tak ada yang tahu tentang nasib para astronaut di luar angkasa. Ternyata, sebelum Apollo 11 meluncur, tim kepresidenan Richard Nixon telah mempersiapkan pidato cadangan jika para astronaut tak selamat.

Pidato itu diberi judul ‘In Event of Moon Disaster’ dan dirilis 30 tahun setelah pencapaian Apollo 11.

Takdir telah memberkati orang-orang yang menjelajah ke Bulan, akan tetap tinggal di Bulan untuk beristirahat dengan tenang,” begitu penggalan pembuka pidato Nixon.

Para pria pemberani ini, Neil Armstrong dan Edwin Aldrin, tahu bahwa tak ada harapan bagi pemulihan mereka. Namun, mereka juga tahu bahwa tetap ada harapan bagi umat manusia pengorbanan mereka.”

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id