Gadget

Bye Barang KW, Ini Tips Bedain AirPods Original dan Abal-abal

  • 31 December 2021
  • Bagikan :
    <i>Bye</i> Barang KW, Ini Tips Bedain AirPods Original dan Abal-abal Ilustrasi foto: Daniel Romero/Unsplash

    Uzone.id - Produk-produk Apple memang sangat populer secara global, banyak merk lain berlomba-lomba menyaingi bahkan meniru perangkat mereka.

    Salah satu produk ikonik dari Apple adalah earbud wireless mereka, AirPods. Dengan desain tangkai khas yang menonjol, AirPods banyak diminati oleh penggemar mereka.

    Popularitas AirPods makin meningkat dengan dirilisnya AirPods Pro serta AirPods 3 yang memiliki desain yang ditingkatkan dengan dukungan audio Spasial.

    Saat ini, sudah banyak earbuds wireless dari berbagai merk dengan harga yang relatif lebih terjangkau, bahkan ada beberapa earbuds yang diklaim lebih baik dari AirPods. 

    Baca juga: Wanita Ini Telan AirPods Gara-gara Mirip Obat Paintkiller

    Sayangnya, hal tersebut tak menghentikan tren pemalsuan perangkat AirPods oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. 

    Nah, biar tak tertipu oleh perangkat AirPods KW, kalian bisa simak beberapa tips berikut untuk membedakan AirPods Ori dan AirPods KW.

    Periksa nomor seri

    Cara tercepat untuk memeriksa apakah AirPods yang kalian miliki ori atau tidak, kalian bisa memeriksa nomor seri yang ada di bagian bawah tutup case pengisi daya dan di bawah earbud kanan.

    Setelah itu, masukkan nomor seri ke check.coverage.apple.com. Jika asli, kalian bisa meninjau status garansi Apple kalian.

    Hubungkan ke perangkat iOS

    Saat kalian memasang AirPods ke iPhone, iPad, atau Mac, kalian akan melihat ikon AirPods di pengaturan Bluetooth device kalian. Setelah terhubung, jika asli, kalian akan melihat nomor serial dan model dari AirPods kalian.

    Cek kemasan dan desainnya

    Selain memeriksa serial number, kalian bisa memeriksa secara detail kemasan dari AirPods kalian.

    Apple selalu mengemas produknya dengan rapi, tutup kotak AirPods biasanya akan rapat dan pas dengan kemasan yang tertutup plastik. Sayangnya, hal ini cukup mudah untuk ditiru, maka dari itu jangan menyimpulkan keaslian produk hanya dari kemasan jaga.

    Jika kalian menemukan typo dalam penulisan di kemasan maupun dokumen, hal tersebut cukup membuktikan bahwa perangkat yang kalian beli palsu.

    AirPods sendiri bisa diperiksa secara jelas lewat gambar yang disediakan Apple di situsnya. Kalian bisa memeriksa secara teliti bagian ventilasi dan mikrofon, dan bagian bawah earbud.

    Baca juga: iPhone 14 Pakai Lensa Periskop dan Memori 2TB?

    AirPods yang asli memiliki ventilasi berbentuk oval di bagian bawah sedangkan AirPods Pro sama sekali tak memiliki ventilasi.

    Pastikan juga untuk memeriksa casing pengisi daya. AirPods biasanya hadir dengan Port Lightning, bukan USB-C. Kemudian status light di bagian depan serta tutupnya harus terpasang secara magnetis di tempatnya.

    Agar tidak tertipu barang KW, kalian bisa membeli produk di toko resmi Apple Store, pengecer terpercaya, atau melalui e-commerce yang bekerja sama dengan Apple seperti Amazon Apple.

    Jika kalian hendak membeli bud second, disarankan untuk memeriksa ulasan dan foto produk yang dijual. 

    Sebenarnya, membeli perangkat second tidak selalu disarankan. Karena masih banyak alternatif lainnya yang lebih murah dan memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari AirPods.

    Beberapa produsen yang memiliki earbuds dengan desain batang telinga panjang mirip AirPods diantaranya Urbanista, JBL dan Huawei.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini