icon-category Gadget

Calon Prosesor Tercepat di Android Dipastikan Meluncur Oktober 2024

Bagikan :

Uzone.id - Snapdragon 8 Gen 3 mungkin gak lama lagi bakal turun takhta dari gelarnya sebagai prosesor paling kencang buat smartphone Android. Oktober 2024 nanti, Qualcomm akan meluncurkan penggantinya, yakni Snapdragon 8 Gen 4.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Chief Marketing Officer Qualcomm, Don McGuire. Ia mengatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan meluncur pada Snapdragon Summit yang digelar pada Oktober 2024 mendatang.

Snapdragon Summit akan hadir pada Oktober 2024. Saya tahu sepertinya masih lama lagi, tapi akan ada beberapa hal yang sangat keren,” katanya, dalam video berdurasi 2 menit yang diunggah oleh akun Snapdragon UK di X (dulunya Twitter).

“Saya yakin kalian tidak sabar menunggu kabar tentang ini (Snapdragon 8 Gen 4). Akan hadir pada Oktober 2024 nanti,” lanjutnya.

McGuire sedikit memberikan bocoran tentang apa saja yang akan ditawarkan Snapdragon 8 Gen 4. Katanya, Snapdragon 8 Gen 4 akan berbasis Oryon CPU, sama seperti seri sebelumnya. 

Sektor CPU dan NPU chipset ini juga akan ditingkatkan. Ia menyebut, “Supercharged CPU dengan evolusi baru kami di sektor NPU, membuatnya jadi kombo menakjubkan pada Snapdragon 8 Gen 4.”

Bocorannya, Snapdragon 8 Gen 4 juga disematkan modem baru FastConnect 7900 yang tak cuma menawarkan konektivitas lebih cepat, tapi kemampuan ultra wideband (UWB) yang terintegrasi.

Hanya saja, upgrade signifikan pada Snapdragon 8 Gen 4 mungkin akan berpengaruh pada banderol harga smartphone flagship yang akan datang. Hal ini dikonfirmasi oleh SVP Qualcomm, Chris Patrick beberapa waktu lalu.

“Kami memperkirakan 8 Gen 4 akan mengalami kenaikan biaya karena kami benar-benar mengejar tingkat kinerja yang sangat menakjubkan,” tegasnya, seperti dikutip dari Android Authority.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini