icon-category Digilife

Canggih! Telkom University Gelar Wisuda Metaverse Pertama di Indonesia

  • 14 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: stem.T4L/Unsplash

    Uzone.id - Wisuda online atau offline sudah biasa digelar, tapi bagaimana jadinya kalau wisuda dilakukan di dunia Metaverse? 

    Meski kehadiran metaverse di Indonesia masih jarang, tapi pagelaran wisuda di dunia virtual reality ini berhasil dilaksanakan oleh Telkom University pada 9 April 2022 lalu.

    Wisuda Telkom University Periode II TA 2021/2022 ini jadi pelaksanaan wisuda Metaverse pertama di Indonesia, lho.

    “Kami menggunakan platform ini sebagai bentuk inovasi Telkom University, sekaligus ingin memberikan pengalaman baru kepada wisudawan/i Telkom University, di mana Metaverse yang belakangan digaung-gaungkan ingin kami hadirkan untuk wisudawan/i,” kata ketua panitia wisuda periode II, Dr. Anisah Firli, dikutip dari laman Telkom University.

    Baca juga: Genjot Digitalisasi UMKM, Telkom Bikin Virtual Expo di Tanah Minang

    Konsep wisuda di Metaverse ini didukung oleh platform Mozilla Hubs yang sudah dikustomisasi sedemikian rupa sehingga para wisudawan bisa merasakan pengalaman wisuda secara langsung di kampus.

    Wisuda Metaverse ini bisa menggunakan perangkat laptop, maupun headset Virtual Reality (VR).

    Dalam wisuda Metaverse ini, Ketua Ketua Senat Universitas Telkom Dr. Ismail mengukuhkan sebanyak 1285 wisudawan dari 32 program studi pada 7 fakultas Telkom University.

    04-09-wisuda-metaverse-telkom-university-1200x600

    Fat’hah Noor Prawita, Dosen Fakultas Ilmu Terapan (FIT) mengatakan bahwa wisudawan dapat memilih karakter avatar mereka masing-masing yang disesuaikan dengan fakultas dan juga karakteristiknya. Selain itu, venue yang digunakan juga dibuat mirip dengan bentuk venue aslinya.

    “Kami mengambil venue Gedung Damar, salah satu gedung auditorium yang telah ada semenjak STT Telkom berdiri. Gedung Damar dibuat secara virtual mirip aslinya,” jelas Fat’hah. 

    Baca juga: Wow! Telkom Duduki Peringkat 1 di LinkedIn Top Companies 2022

    “Dalam hal ini dibantu oleh Rikman Aherliwan Rudawan dosen D4 Teknologi Rekayasa Multimedia FIT dan tim mahasiswanya dalam pembuatan avatar serta visual dari Gedung Damar,” tambahnya.

    Kalian bisa melihat cuplikan keseruan wisuda Metaverse Telkom University di IG @Telkomuniversity atau melihatnya di bawah ini.

     
     
     
     
     
    Lihat postingan ini di Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Sebuah kiriman dibagikan oleh Telkom University (@telkomuniversity)

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini