icon-category Gadget

Canon Hadirkan Lensa Dual Fisheye Canggih, Bisa Buat Metaverse?

  • 13 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Lensa Canon RF5.2mm f2.8L Dual Fisheye (Foto: Canon)

    Uzone.id - Canon telah maju selangkah lagi mengembangkan teknologi yang bisa dipakai untuk Virtual Reality (VR).

    Apalagi, teknologi VR ada kaitan erat dengan dunia metaverse yang sedang dikembangkan para raksasa teknologi.

    Teknologi VR makin populer karena banyak digunakan di industri hiburan, pariwisata, hingga pendidikan. Bahkan, industri olahraga pun tak mau ketinggalan memanfaatkan lebih banyak video VR.

    Canon, lewat PT Datascrip - sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia - menghadirkan lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye.

    BACA JUGA: Google Pamer Kacamata AR Canggih, Bisa Translate Bahasa

    Lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye jadi lensa pertama di dunia untuk kamera lensa lepas tukar, yang dapat mengambil gambar stereoscopic 3D dengan sudut 180 derajat untuk membuat konten VR dengan kualitas optik tinggi.

    “Lensa ini dilengkapi dengan dua lensa fisheye yang menghasilkan efek parallax yang dapat digunakan untuk membuat gambar VR 180° tiga demensi (3D). Saat dipasangkan ke kamera mirrorless EOS R5 atau EOS R5 C, lensa ini memungkinkan pengguna memanfaatkan kemampuan perekaman 8K untuk menghasilkan kualitas video ultra-tinggi,” tutur Syailendra Kamdani – Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip, lewat pernyataan resmi kepada Uzone.id, Jumat (15/5/2022).

    Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye merupakan bagian ekosistem baru dari Canon, yaitu EOS Virtual Reality System (VR System) yang terdiri dari kamera Canon EOS R series (EOS R5 & R5 C), lensa RF khusus VR dan software EOS VR Utility.

    Dengan EOS VR System, gambar diambil hanya menggunakan satu kamera dengan satu sensor gambar CMOS.

    Cahaya yang masuk ke setiap “mata” lensa Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye ditangkap oleh sensor gambar CMOS dalam satu kamera.

    BACA JUGA: Samsung Ngebut Siapkan 6G, Bakal Ada Hologram!

    Hal ini sangat efisien karena dapat memangkas alur produksi video VR konvensional yang mengharuskan untuk penyelarasan dan sinkronisasi kamera sebelum pengambilan gambar, serta harus menggabungkan gambar bersama-sama saat proses pascaproduksi.

    Pengguna dapat dengan mudah mengonversi video ke format VR standar dan mengolahnya menggunakan software EOS VR Utility, bahkan dapat diolah juga menggunakan Adobe Premier Pro melalui software EOS VR Plug-in.

    Lensa ini dilengkapi dengan dua lensa fisheye f/2.8-F/16 dan focal length 60mm dengan pemfokusan manual, serta memiliki kualitas optik tinggi khas lensa seri L dari Canon.

    Penempatan kedua lensa yang berdekatan ini mampu menghasilkan gambar VR stereoscopic 3D dengan sudut 180° dengan parallax natural yang hampir menyerupai mata manusia.

    Lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye ini dijual dengan harga Rp39.770.000 (belum termasuk PPN).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini