home ×
Digilife

Cara Ajukan Banding untuk Menghapus Konten di FB dan Instagram

18 April 2021 By
Cara Ajukan Banding untuk Menghapus Konten di FB dan Instagram
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id – Facebook telah mengumumkan bahwa mulai 13 April 2021, pengguna Facebook atau Instagram sekarang dapat mengajukan banding ke Dewan Pengawas (Oversight Board) perusahaan jika konten yang dilaporkan pengguna masih terpampang di platform tersebut.

Pada Oktober tahun lalu, Facebook telah mengumumkan bahwa dewan tersebut siap untuk mulai meninjau kasus yang dilaporkan, namun hanya bagi konten yang telah dihapus dan jika pengguna tidak setuju dengan keputusan tersebut.

Sekarang apabila pengguna melaporkan sebuah konten dan dewan Facebook memutuskan bahwa konten tersebut tidak melanggar kebijakan komunitas (Community Standards), maka pengguna dapat meminta tinjauan tambahan (untuk diulas kembali).

Baca juga: Cara Facebook Sambut Ramadan di Indonesia

Ketika meminta tinjauan lebih lanjut ke Dewan Pengawas, pengguna dapat memilih sejumlah alasan untuk banding. Misalnya, mereka mungkin percaya bahwa konten tersebut tidak sesuai dengan kebijakan komunitas namun mereka dapat meninjau kembali apakah kebijakan  komunitas tersebut sudah tepat atau belum. Hal ini dapat mendorong Facebook untuk mengubah kebijakannya.

Facebook mengatakan bahwa mereka harus berurusan dengan banyak pertanyaan ketika mempertimbangkan pembukaan Dewan untuk banding ini. Hal seperti bagaimana menangani konten yang dilaporkan oleh banyak orang karena alasan berbeda, atau apakah Dewan harus berhenti menerima banding baru setelah menerima banding pertama.

 

BACA JUGA: Kata Pengamat Soal Pencurian Data Pengguna Facebook

Untuk menjawab permasalahan yang telah disebutkan, Facebook merangkai sebuah proses yang memungkinkan beberapa banding diajukan untuk satu kasus yang berhubungan dengan konten yang dilaporkan. Setiap pengguna yang melaporkan konten tersebut akan memiliki kesempatan untuk menjelaskan mengapa mereka yakin konten yang mereka laporkan harus dihapus.

Apabila sebuah banding terhadap konten tersebut telah diterima, maka pengguna dapat terus mengirimkan masukan ke Dewan Pengawas hingga diskusi mengenai konten tersebut dimulai.

Cara untuk mengajukkan banding

Apabila kalian menemukan konten yang seharusnya tidak disebarkan di Instagram atau Facebook, laporkan konten tersebut dengan cara seperti biasa (berikut cara melaporkannya untuk pertama kali)

Jika Facebook tetap memutuskan untuk tidak menghapus konten yang kalian laporkan, maka kalian akan menerima pesan berisi referensi ID Dewan Pengawas dalam kotak masuk Support kalian. Dari pesan tersebut, kalian dapat mengajukan banding atas keputusan Dewan Pengawas. 

Facebook juga menjamin privasi bagi mereka yang mengajukan banding, karena Dewan Pengawas hanya akan menyertakan informasi sesuai dengan ijin pelapor. Untuk mengetahui langkah yang harus diambil untuk menarik informasi yang dapat mengidentifikasi data pribadi pelapor, kalian dapat membaca kebijakan data Facebook ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article