home ×
Gadget

Cara Aktifkan OS Android 12 Beta

24 May 2021 By
Cara Aktifkan OS Android 12 Beta
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi/dok. 9to5Google

Uzone.id - Beberapa jenis ponsel mendapat keuntungan untuk menikmati beta dari Android 12 yang baru-baru ini telah diperlihatkan Google pada acara Google I/O 2021.

Untuk mendapatkan versi beta Android 12, Anda bisa mengunjungi website Android Program Beta https://www.google.com/android/beta. Setelah itu, masuk menggunakan akun Google yang digunakan oleh ponsel Anda.

Langkah selanjutnya, Google akan menampilkan beberapa himbauan terkait penggunaan operasi sistem Android 12.

Setelah selesai membaca pemberitahuan tersebut, Anda akan diminta untuk menyetujui himbauan tersebut.

Pada halaman paling bawah, akan ada list ponsel yang terhubung pada akun Anda, list ponsel ini juga menampilkan apakah perangkat ponsel tersebut layak atau tidak untuk menikmati Android 12 versi beta.

Setelah itu, klik tombil Opt-In pada ponsel yang ingin didaftarkan pada program ini, kemudian terima syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu klik Confirm (Konfirmasi) dan Enroll (Daftarkan) setelah Anda selesai.

Beberapa orang mengalami error ketika mengakses web tersebut, namun setelah satu atau dua jam, Anda bisa mencobanya lagi.

Setelah langkah-langkah diatas selesai, buka Pengaturan (Settings) lalu masuk ke Sistem (System), masuk ke Lanjutan (Advanced), lalu Pembaruan Sistem (Update System), setelah itu Periksa Pembaruan (Check for Updates).

Butuh beberapa menit untuk menampilkan pembaruan pada ponsel Anda, jadi tak usah panik jika pembaruan tertunda belum tersedia, tunggu beberapa saat lagi dan coba lagi.

Setelah muncul, instal pembaruan seperti yang biasa dilakukan pada pembaruan lainnya. Lalu, ponsel Anda akan mengalami boot ulang untuk menjalankan versi beta Android 12.

Apakah Android 12 Beta Bisa Di Uninstall?

Jika Anda merasa Android 12 Beta terlalu buggy ataupun terlalu boros baterai, Anda bisa meninggalkan program beta ini.

Caranya, Anda akan butuh factory reset atau kembali ke setelan pabrik Android 11. Anda membutuhkan backup lama untuk mengembalikan ponsel ke bentuk awal.

Tapi, Anda mungkin akan kehilangan beberapa data yang ada pada ponsel.

Untuk keluar dari Beta Android 12, kunjungi website yang sama, lalu klik tombol Opt-Out di bagian bawah perangkat Anda.

Tunggu beberapa menit, lalu periksa pembaruan perangkat lunak pada ponsel Anda, Pengaturan> Sistem> Lanjutan> Pembaruan Sistem> Periksa pembaruan.

Instal pembaruan yang akan me-reset ulang pada setelan pabrik, dan setelah selesai, Anda harus mengatur ponsel kembali dimulai dengan masuk pada akun Google Anda.

Dikutip dari Cnet, Kamis (20/05), saran terbaik adalah Anda bisa menunggu hingga mendekati jadwal Android 12 versi final dirilis sebelum anda memilih untuk instal versi beta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id