icon-category Auto

Cara Aman Berkendara di Jalanan Berbukit

  • 29 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Indonesia identik dengan perbukitan, dimana lintasan jalannya tergolong menantang untuk pengemudi. Gak jarang juga terjadi insiden ketika berkendara di area perbukitan.

    Karenanya, perlu edukasi khusus untuk mengantisipasi dan menghadapi lintasan jalan yang didominasi tanjakan dan turunan tersebut.

    Nah, Daihatsu bersama GT Radial coba memberikan edukasi cara aman berkendara di area perbukitan dengan menggandeng Sony Susmana, Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

    Baca juga: Mau Ubah Mobil BBM ke Listrik? Perhatikan Syarat dan Dasar Hukumnya

    Bersama 20 perwakilan komunitas, edukasi bertajuk 'Auto Clinic Daihatsu' ini diselenggarakan di Daihatsu Astra Biz Center, Bandung.

    Secara teknis, medan jalan yang menanjak-menurun memiliki potensi bahaya tersendiri yang dapat disebabkan oleh faktor internal, seperti pengemudi yang tidak pede, kurangnya kemampuan mengemudi, hingga kurang pahamnya kondisi medan jalan.

    Selain itu, faktor eksternal juga memengaruhi keselamatan berkendara, seperti kendaraan besar yang melaju di sekitar kita, kondisi permukaan jalan yang licin dan jalan rusak, hingga kondisi area pegunungan lebih sering hujan dan berkabut.

    Dalam menghadapi kedua faktor tersebut, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan saat jalan menanjak-menurun.

    Di antaranya dengan selalu mempertimbangkan ketinggian, panjang, dan tabletop atau ujung tanjakan-turunan.

    Kenali kemampuan dalam berkendara, dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan. Jangan lupa untuk selalu jaga jarak, seperti jangan di belakang kendaraan besar saat menanjak dan jangan di depan kendaraan besar saat diturunan.

    Baca juga: Promo BBM RON 92 Bikin Pertamax Kalah Murah

    Kemudian, manfaatkan fitur-fitur keselamatan yang ada di mobil seperti HSA (Hill Start Assist), ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), serta Vehicle Stability Control (VSC).

    Ben Faqih selaku Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu komitmen Daihatsu kepada pelanggan setianya.

    "Edukasi merupakan salah satu visi  bagi pelanggan Daihatsu. Misi kami adalah memberi pengetahuan tentang Safety Driving melalui Auto Clinic sebagai usaha kami dalam mewujudkan bagian dari pelopor keselamatan berlalu lintas," tutupnya dalam siaran pers yang diterima Uzone.id

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini