home ×
Auto

Cara Aman Libas Genangan Saat Nyetir

12 November 2020 By
Cara Aman Libas Genangan Saat Nyetir
Share
Share
Share
Share

Foto: Mitsubishi Indonesia

Uzone.id - Musim hujan sudah tiba dan seperti musim-musim hujan sebelumnya, sejumlah ruas jalan yang biasa kita lewati pun pastinya bakal banyak genangan air.

Kadang ragu atau masa bodo ketika harus melewati genangan air. Ada yang selamat, ada yang sampai mogok, intinya semuanya seolah hanya bermodal kenekatan dan keberuntungan.

Memang, disarankan untuk menghindari genangan, tapi kalau terpaksa tetap harus melewatinya, sebenernya ada cara aman ketika harus melibas genangan.

BACA JUGA: Dorna Umumkan Indonesia Masuk Kalender MotoGp 2021

“Mobil berjenis MPV dan SUV seperti Mitsubishi Xpander, Xpander Cross, Eclipse Cross, dan Pajero Sport memiliki ground clearance yang tinggi namun tetap harus diingat terdapat batas aman yang berbeda untuk setiap mobil,” ungkap Boediarto, Head of After Sales and CS Operation Group PT MMKSI, dalam siaran persnya.

Nah, ini yang harus diperhatikan saat mobil harus melibas genangan:

1. Perhatikan mobil lain yang menerobos banjir lebih dulu
Memerhatikan mobil lain yang menerobos banjir lebih dulu penting dilakukan agar pengendara dapat tahu seberapa dalam genangan air di jalan yang ingin dilewati.

Biarkan pengendara lain lewat dan lihat jenis mobilnya serta pelajari kontur jalan dari mobil yang jalan terlebih dulu. Kalau mobil tersebut berhasil melintasi banjir dan mobilnya sejenis dengan mobil yang dikendarai, maka pengendara bisa mengikuti cara mobil tersebut.

Pastikan juga mobil jangan sampai berhenti saat sedang menerobos genangan.

2. Batas aman mobil dapat melewati genangan air atau banjir
Batas aman ketinggian air yang masih bisa dilewati ialah tidak melebihi dari ketinggian ban saat melintas, maksimal setengah ban saat posisi mobil sedang tidak bergerak. Semakin tinggi air maka akan semakin besar risiko untuk mobil kemasukan air.

3. Perhatikan juga gelombang air yang timbul karena kendaraan lain
Adanya gelombang air ini dipastikan akan membuat tinggi air menjadi naik turun dan berisiko untuk masuk ke dalam mobil lebih besar lagi.

4. Gunakan gigi satu atau L untuk mobil matic saat melintas.
Untuk transmisi manual gunakan gigi 1 dan untuk transmisi otomatis dapat memilih transmisi L atau B untuk tetap berada dalam gigi rendah.

5. Setelah berhasil melewati genangan, langsung lakukan pengetesan rem
Biasanya ketika menerobos genangan akan membuat rem menjadi basah dan fungsi pengereman menjadi terganggu. Agar rem kembali bekerja maksimal sebaiknya pengendara menginjak rem berkali-kali sampai rem berfungsi normal seperti sedia kala.

Jika berhasil lolos dari genangan air, sebaiknya pengendara memeriksa kembali
kondisi mobil termasuk mesin dan juga pengereman. Bisa ke bengkel resmi kalau gak mau ribet dan memastikan ditangani teknisi yang profesional.

VIDEO Mitsubishi Xpander Black Edition + Bonus Scene Xpander Cross Rockford Fostgate

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Edo Pratama 13 November 2020 | 16:23:12

ya cukup bagus idenya sya rasa ini bagus

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article