icon-category Health

Cara Benar Merawat Gigi untuk Pengguna Kawat Gigi

Bagikan :

Pemakaian kawat gigi atau behel sudah lazim, baik untuk kalangan pria maupun wanita. Tujuan medisnya adalah untuk menjaga agar gigi tumbuh rapi. Konsekuensinya, orang yang menggunakan behel harus merawat giginya secara ekstra karena proses pembersihannya harus lebih teliti.

Tanpa proses pembersihan yang jeli, sering terjadi pertumbuhan karang gigi, bau mulut, sariawan, atau menyusutnya gusi. Bila Anda orang yang termasuk memakai behel, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi keluhan akibat pemakaian behel.

1. Rutin menyikat gigi.

Rajin menyikat gigi setidaknya tiga kali, yaitu setelah sarapan, setelah makan siang, dan sebelum tidur malam.

2. Sikat gigi dengan gerakan khusus.

Cara menyikat gigi yang menggunakan kawat tak bisa asal. Mula-mula, Anda memutar kecil pada permukaan gigi depan, samping kiri dan kanan.

Bagian atas gigi disikat dengan gerakan maju mundur. Sementara bagian gigi yang menghadap langit-langit dan lidah disikat dengan gerakan menarik keluar. Jangan lupa membersihkan lidah dengan spatula khusus pembersih lidah.

3. Gunakan pasta gigi khusus.

Sebaiknya memakai pasta gigi dan sikat gigi khusus untuk pengguna behel. Pasalnya, bulu dari sikat gigi halus dan biasanya kepala sikat dibuat khusus supaya dapat mengangkat sisa makanan di sela gigi berbehel.

4. Pakai obat kumur.

Agar lebih bersih dan mengurangi perkembangan bakteri merugikan dalam mulut, gunakan obat kumur. Tapi, penggunaan obat kumur tidak boleh terus menerus dan dalam waktu lama.

5. Jaga pola konsumsi.

Hindarilah kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan asam. Pengguna behel juga pantang mengonsumsi makanan, seperti permen karet, minuman cola, dan aneka asupan manis dan asupan yang mengandung asam tinggi. Dua kandungan itu memudahkan terjadinya karies tinggi.

Selain itu, sebaiknya kita juga mulai lebih bijak dalam mengonsumsi makanan. Hindarilah mengonsumsi makanan yang keras. Kunyahlah makanan secara perlahan hingga menjadi betul-betul lunak. Makanan keras dan berukuran besar tak hanya memudahkan makanan tersangkut serta menyulitkan saat menyikat gigi, tapi juga membuat gigi yang sedang menjalani perawatan mudah goyah.

6. Perbanyak minum air putih.

Gunanya adalah untuk mencegah munculnya bakteri, membuat mulut lebih segar, dan membantu menghilangkan sisa kotoran sisa makanan yang menempel di gigi dan sela-sela ronga mulut.

7. Periksa ke dokter gigi secara teratur.

Lakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala. Ini bertujuan untuk melihat apakah ada masalah pada gigi dan mengevaluasi apakah metode penggunaan kawat gigi Anda efektif atau tidak.

 

Narasumber: drg. Dwi Anie Lestari, Sp. Ort, pengurus Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI) Komda Jaya.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : rawat kawat gigi 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini