Cara Berkurban Online di Aplikasi E-commerce dan Dompet Digital
Ilustrasi: Christina Maiia/Unsplash
Uzone.id -- Masa pandemi tak hanya mengubah kultur kerja dan sekolah menjadi serba online, namun ibadah berkurban untuk Idul Adha pun turut dilaksanakan secara digital.Idul Adha tahun 2021 ini masih harus dilaksanakan secara virtual lantaran kasus Covid-19 di Indonesia kian melonjak dan pemerintah harus menjalankan kebijakan PPKM Darurat untuk Jawa dan Bali.
Bagi kalian yang masih ingin berkurban namun galau tentang cara melaksanakannya, berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu pengguna menunaikan kurban digital, serta cara pembeliannya.
1. Tokopedia
Aplikasi e-commerce ini menyediakan menu khusus untuk berkurban. Tinggal buka aplikasi, lalu pilih menu ‘Lihat Semua’ > klik ‘Qurban’,
Di dalam laman Qurban, Tokopedia menyajikan dua macam kurban, yakni kambing dan sapi. Pengguna bisa memilih jenis hewan kurban tersebut, misal ‘Kambing Standar’, ‘Kambing Medium’, dan ‘Kambing Premium’, semua lengkap dengan harganya dan jumlah ekor yang ingin dibeli.
Sementara uniknya, di bagian pembelian sapi, Tokopedia menjualnya dengan konsep 1/7 agar pengguna dapat membelinya sesuai kemampuan. Sama seperti laman kurban kambing, opsi pembelian sapi juga disediakan berdasarkan harga beli per individu, serta jenis hewannya.
2. Bukalapak
Layanan e-commerce satu ini juga menyediakan menu untuk berkurban. Pengguna bisa mengklik ‘Semua Menu’ di laman utama > klik ‘Teladan Berqurban’.
Bukalapak menyediakan tiga jenis hewan kurban, yakni kambing, domba, dan sapi. Di dalam menu pilihan harga, Bukalapak juga menyuguhkan deretan opsi seperti harga per ekor, hingga pembelian sapi 1/7 seperti halnya Tokopedia.
Semua produk yang ada di Bukalapak akan disalurkan dan bagi pengguna yang membeli kurban akan diberikan sertifikat kurban melalui email.
3. LinkAja
Dompet digital ini menyediakan fitur kurban digital melalui layanan versi Syariah. Bekerja sama dengan tujuh lembaga penyaluran hewan kurban, pengguna harus mengubah aplikasi LinkAja reguler ke Syariah di bagian ‘Akun’ > klik ‘LinkAja Syariah’ > pilih ‘Aktifkan’.
Di dalamnya ada menu ‘Qurban’ dan pengguna bisa langsung memilih lembaga penyalurannya dan memilih hewan kurban yang diinginkan.
LinkAja menjalin kemitraan dengan Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Baznas, Bersedekah.com, Rumah Yatim, DT Peduli, dan Baitul Wakaf.
4. Gojek
Gojek menyediakan layanan kurban melalui menu ‘GoGive’ di dalam aplikasinya. Ketika pengguna mengklik menu ini, Gojek langsung mengarahkannya ke browser dan membuka laman GoGive yang bekerja sama dengan Kitabisa.
Klik opsi kurban, lalu laman akan berubah ke Qurban Kitabisa dan pengguna bisa langsung memilih lokasi kurban dan jenis hewan kurban yang diinginkan. Gojek dan Kitabisa menyediakan kambing, sapi satu ekor, dan sapi 1/7.
5. Lazada
Lazada menyajikan kanal ‘Lazada Amanah’ yang berisi produk Muslim yang dikurasi secara khusus. Fitur berkurban dapat ditemukan di menu ‘Zakat, Infaq dan Sodaqah’.
Pengguna tinggal memilih hewan kurban yang diinginkan, seperti kambing dan sapi, serta ada juga pilihan membeli hewan kurban luar negeri yang di antaranya terdiri dari kambing dan sapi Yaman, hingga unta.
Lazada bekerja sama dengan sejumlah lembaga penyaluran hewan kurban seperti Baznas, ACT, Rumah Yatim, Nu Care-Lazisnu, Insan Bumi Mandiri, Dompet Dhuafa, serta Rumah Zakat.