home ×
Auto

Cara Bersihkan Ruang Mesin Mobil Agar Tidak Dihuni Tikus

05 August 2020 By
Cara Bersihkan Ruang Mesin Mobil Agar Tidak Dihuni Tikus
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tikus kadang ngeselin kalau sampai menghuni ruang mesin mobil yang lama nganggur di garasi. Nah, salah satu cara supaya tikus gak kembali adalah dengan menghilangkan jejaknya.

Tikus bisa mengendus kalau suatu tempat bisa dihuni atau pernah dihuni melalui bau dan kebersihan tempatnya. Nah, supaya mereka kehilangan jejak dan gak balik lagi, caranya ruang mesin harus dibersihkan.

Tapi, untuk membersihkan ruang mesin mobil itu ngeri-ngeri sedap. Disana banyak komponen-komponen yang berkaitan dengan elektrikal, dan kalau tidak hati-hati, malah bisa terjadi konsleting.

BACA JUGA: Harga Bugatti Centodieci Tiga Kali Lipat dari Chiron, Dibeli Ronaldo

Tapi ada cara sederhana yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah untuk membersihkan ruang mesin mobil agar tidak kembali dihuni para tikus.

Manfaatkan peralatan yang dibutuhkan yang ada di sekitaran rumah
Sebelum memulai, ada beberapa kebutuhan untuk membersihkan ruang mesin mobil kalian agar tidak lagi dihuni para tikus.

Pertama, siapkan plastik untuk menutupi beberapa komponen yang rawan konsleting. Kemudian ember untuk air bersih dan sabun yang kadar keasamannya netral agar tidak merusak komponen mesin.

Lalu spon, sikat atau sikat gigi bekas dan gak lupa lap kanebo. Terakhir, kalian bisa menyediakan kamper, minyak kayu putih, atau wewangian lain yang dibutuhkan setelah ruang mesin bersih dicuci.

Pastikan mesin mobil mati dan dalam keadaan dingin
Sebelum memulai, pastikan mesin tidak dalam keadaan menyala atau habis dinyalakan, sehingga ruang mesin dalam kondisi dingin.

Kemudian, tutup sejumlah komponen yang rawan konsleting kalau terkena air, seperti soket-soket dan biasanya bagian alternator jadi komponen atau bagian yang rawan saat terkena air.

Cuci menggunakan spon dan sikat dan bilas pakai lap kanebo basah
Setelah semua siap, barulah mulai mencuci ruang mesin. Hindari sebisa mungkin semprotan air yang terlalu kencang agar meminimalisir konsleting dan kerusakan soket-soket karena tekanan air.

Cuci menggunakan spon bersabun dan untuk lebih optimal bisa manfaatkan sikat atau sikat gigi bekas untuk celah-celah yang sulit dijangkau.

Setelah seleai, untuk membersihkan sabun, cukup gunakan lap kanebo basah, dan hindari sebisa mungkin semprotan air untuk membilas sabun di ruang mesin.

Cek sensor-sensor dan semprotkan wewangian
Setelah selesai mencuci, pastikan ruang mesin kering dengan sempurna. Kalau sudah yakin kering, ada baiknya kalian coba menyalakan mesin mobil dan melihat apakah ada indikator-indikator yang menyala di MID.

Bisa apa saja, indikator check engine, indikator rem ABS, dan masih banyak lagi. Pada kondisi normal, semua indikator tersebut hanya menyala saat kunci di posisi on dan mesin belum menyala.

Namun, ketika mesin sudah menyala, semua indikator di MID akan mati. Jadi, kalau kalian masih melihat ada indikator yang menyala, itu tandanya ada masalah pada mobil.

Setelah memastikan semua indikator tidak menyala, yang artinya mobil dalam keadaan aman setelah dicuci ruang mesinnya, barulah kalian menambahkan wewangian di ruang mesin.

Bisa memanfaatkan kamper, minyak kayu putih, atau wewangian lain yang terdapat di rumah.

Nah, selamat mencoba..

VIDEO Ciri Ruang Mesin Mobil Dihuni Tikus & Cara Mencegahnya:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article