icon-category Gadget

Cara Bikin Foto Bagus Hanya Pakai Kamera Ponsel

  • 28 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto (Unsplash)

    Uzone.id - Tidak semua orang punya kamera seperti DSLR, namun hampir pasti sebagian besar punya smartphone dengan kamera. Nah, dari peranti genggam ini pun kita bisa mendapatkan foto yang tak kalah bagusnya.

    
Resolusi kamera di ponsel memang menentukan, namun bukan berarti itu menjadi satu-satunya yang bakal membuat foto dihasilkan itu bagus.

    Ada beberapa tips menarik dari Fahmi Rais, konten kreator yang fokus pada fotografi menggunakan ponsel. Paling pertama adalah merencanakan apa yang mau difoto.

    “Sebelum memotret objek pemandangan misalnya, kita harus tahu dulu nih apa yang ada di sana. Misalnya, kita ke stasiun ada kereta lewat, framing-nya bagaimana,” ujar Fahmi, saat berdiskusi melalui LIVE IG ‘Tricks Photography Pakai Smartphone” antara Uzone.id dengan CasbacApp.

    Setelah punya perencanaan, hal kedua adalah memahami komposisi dan angle foto sebelum memotret foto. Karena menurut Fahmi, bagus tidaknya foto ditentukan oleh komposisi dan angle foto tadi, bukan sekadar hasil editan pasca memotret.

    “Ngomongin komposisi, kita harus paham menanata elemen dalam satu foto, misalnya dimana objek utamanya, warna, terang dan gelapnya,” terang dia.

    Karena dengan menata elemen tadi bisa kasih visual impact yang kuat.

    Ketiga adalah angle foto, di sini maksudnya kamera mau diambil dari low angle, medium angle atau high angle untuk memotret objeknya.

    Agar apa? supaya dapat pesan mau dari atas mau dari bawah, misalnya kalau dari bawah (Low angle) bisa kasih kesan kuat dan gagah.

    “Kita sering lihatkan dari film superhero, pengambilannya sering dari bawah itu mau nunjukin pahlawan atau musuhnya itu kuat, jadi jangan sampai lupain juga,” terangnya.

    Bagaimana menerapkan elemen tadi? Bisa dibantu dengan grid atau garis yang ada di kamera foto. Grid line itu membantu menempatkan elemen tadi.

    “Sebelum ambil foto, grid ini fungsi bantu memposisikan foto atau video, ada titik tengah untuk menemukan foto objek tengah,” ungkap Fahmi.

    Gimana bisa kalian langsung praktek-in ya? Jadi jangan hanya disimpan di memori ponsel saja ya, karena kamu bisa ikut Lomba Foto Bersama Uzone.id yang kali ini didukung oleh Cashbac App.

    Aplikasi Cashbac, yaitu aplikasi Instant Rewards yang memberikan pengalaman baru bagi kamu dalam berbelanja yang menjadi lebih menyenangkan. Saat ini Cashbac Easypay meluncurkan produk baru yang memungkinkan kamu punya budget belanja jutaan dengan kemudahan bebas ribet dan bebas biaya. Pembayarannya pun ringan karena terbagi dalam 4 bulan tagihan, tanpa biaya tambahan apapun #TerbuktiBaik. Pastikan kamu sudah lihat infonya ya.

    Untuk lomba kali ini, ada hadiah total jutaan rupiah untuk tiga pemenang terbaik. Temanya sendiri adalah ‘Potret Momen Keseruan Mudik dan Lebaran’

    
Mekanisme:

    1. Upload 3 Foto Keseruaan Mudik dan Lebaran menggunakan ponsel di Feed Akun Instagram kalian.
    2. Follow serta Tag fotomu ke akun Instagram @UzoneIndonesia & @Cashbacapp
    3. Ajak 2 teman kalian untuk ikut Lomba Foto “Potret Momen Keseruan Mudik dan Lebaran #TerbuktiBaik”
    4. Sertakan hashtag #CashbacTerbuktiBaik & #Taudariuzone
    5. Akun Tidak Di-private

    Periode:

    26 April 2022 - 9 Mei 2022

    Hadiah:

    Juara 1: Uang Tunai Rp 500.000 + True Wireless Stereo

    Juara 2: Uang Tunai Rp 300.000 + True Wireless Stereo

    Juara 3: Uang Tunai Rp 200.000 + True Wireless Stereo

    Cek selengkapnya di Instagram Uzone Indonesia dan CasbacApp berikut ini:

     

     
     
     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    A post shared by Uzone.id - Media Teknologi (@uzoneindonesia)

    Yuk Buruan ikut ya!

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini