home ×
Digilife

Cara Cek Online Update Sebaran Corona di Indonesia

16 March 2020 By
Cara Cek Online Update Sebaran Corona di Indonesia
Share
Share
Share

Uzone.id -  Presiden Joko Widodo baru saja menetapkan wabah virus Corona atau Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non Alam. Ini artinya Indonesia dalam posisi tanggap darurat non alam pandemi Covid-19.

Status ini ditetapkan setelah ada 117 kasus positif Covid-19, yang terdiri dari 104 dirawat, 8 sembuh dan 5 meninggal dunia akibat wabah tersebut

Selain waspada, tentu saja kita tetap harus mengetahui perkembangan terkini dari wabah virus Corona yang mulai menjalar di Indonesia. Berikut Uzone.id rangkumkan cara mencek online update sebaran virus Corona di Indonesia.

Website

Setidaknya sejauh ini dua provinsi yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat bergerak aktif untuk memberikan informasi soal virus Corona melalui website atau situs resmi.

Informasi soal penyebaran virus corona di Ibu Kota dapat dicek melalui situs corona.jakarta.go.id. Adapun data yang ada di situs ini dikumpulkan sejak 21 Januari 2020.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Dicabut Sementara karena Corona

Selain data ODP dan PDP, ada pula pemetaan berdasarkan wilayah kota DKI Jakarta, jenis kelamin, termasuk perbandingan antara umur dan gender. Seluruh data yang ada di situs ini dilaporkan pula secara berkala ke Kementerian Kesehatan.

Namun perlu diingat, situs ini tidak memuat informasi mengenai jumlah pasien positif dan meninggal karena virus corona (COVID-19). Sebab, wewenang untuk pemberitahuan resmi berasal dari Pemerintah Pusat.

Sementara peta sebaran corona di wilayah Jawa Barat bisa dilihat di situs pikobar.jabarprov.go.id. Peta sebaran itu berbentuk peta digital dan di dalam peta itu juga ada identitas lengkap pasien dalam pengawasan (PDP) ataupun orang dalam pemantauan (ODP).

Selain melalui website, masyarakat Jabar juga dapat mendownload aplikasinya di handphone.

SMS

Walaupun pengguna pesan singkat sudah jarang dilakukan oleh orang, namun Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng sejumlah operator untuk mengirim SMS Blast ke pelanggan.

Informasi yang diberikan berasal dari BNPB, mengenai update jumlah korban baik yang terinfeksi maupun meninggal karena Corona per hari.

WhatsApp

Organisasi Unicef Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan layanan informasi melalui WhatsApp. Info yang telah dirangkum dari UNICEF, U-Report, WHO, dan IFRC sekarang dapat diperoleh dengan praktis.

Simak cara mendapatkan info aktual Corona atau COVID19 dari Unicef Indonesia.
Langkah pertama : simpan nomor WhatsAPP U-Report 08119004567
Langkah kedua: kirim Pesan dengan mengetik corona
Langkah ketiga: kalian akan mendapatkan chat berupa informasi apa saja yang ingin diketahui. Tinggal klik info yang ingin diperoleh.

Media Sosial

Terakhir, Informasi terkait perkembangan corona juga dapat diakses melalui media sosial Kemenkes RI, yaitu twitter @KemenkesRI, Facebook @KementrianKesehatanRI dan Instagram @kemenkes_Ri.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DHStyle 15 April 2020 | 12:14:23

bot nya sangat membantu sekali untuk informasi secara real time

pejuang 19 March 2020 | 23:56:56

ini sangat membantu semua warga untuk mengetahui

Miskin aman 17 March 2020 | 08:16:02

yang pasti lebih banyak ada di media sosial

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id