icon-category Digilife

Cara Hilangkan Tanda Online di WhatsApp, Udah Coba?

Ilustrasi pengguna WhatsApp (Foto: Android Authority)

Uzone.id - Gak semua orang ingin langsung membalas setiap pesan WhatsApp yang mereka terima, setuju? Maka cara untuk menghilangkan atau menyembunyikan status online di WhatsApp harus kalian ketahui. 

Bukan karena malas, tapi bisa saja ada keperluan atau percakapan yang lebih penting. Mungkin saja ada alasan lain seperti ingin beristirahat, sedang liburan ataupun ingin quality time bersama keluarga.

Nah, dengan menyembunyikan tanda online di WA, setidaknya orang yang mengirimkan pesan tak mengetahui apakah kalian sedang menggunakan WhatsApp atau tidak.

Penasaran bagaimana caranya? Tenang, tim Uzone.id sudah menyiapkan panduan lengkapnya untuk kalian. Jadi, simak baik-baik ya!

Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Untungnya, WhatsApp menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merahasiakan status online mereka dari orang lain. Cara untuk mengaktifkannya begitu mudah, ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp kalian sudah versi terbaru.
  2. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol berbentuk tiga titik bertumpuk di pojok kanan atas.
  3. Masuk ke Settings > Account > Privacy.
  4. Pada bagian Last Seen, pilih opsi Nobody

Namun perlu diingat, cara ini tidak menghilangkan status online pada WA sepenuhnya. Ketika kalian membuka aplikasi atau membaca pesan masuk, orang lain akan melihat tanda online di bagian atas aplikasi.

Buka dan Balas Chat Secara Offline

Tunggu, bagaimana bisa membalas pesan WhatsApp tanpa jaringan internet? Gampang kok, walau sedikit tricky alias ngeribetin. Namun agar status online tak terlihat orang lain, cara ini bisa kalian coba.

Ketika menerima pesan WhatsApp dan ingin membalasnya tanpa ketahuan online, matikan jaringan WiFi dan internet kalian. Lalu, baca dan balas chat tersebut, tutup lagi aplikasi WhatsApp. 

Jika sudah, nyalakan jaringan internet atau WiFi kalian. Otomatis, kalian telah membaca dan merespon pesan tanpa terlihat status online.

Baca Pesan dari Notifikasi

Bar notifikasi di Android maupun iOS sungguhlah penting, apalagi buat kalian yang ingin menyembunyikan status online di WhatsApp. Saat mendapatkan pesan masuk, gak usah buka aplikasi.

Cukup gulirkan bar notifikasi untuk melihat pesannya. Di Android terbaru, biasanya perlu menekan bar notifikasi dua kali untuk melihat pesan seutuhnya. Sedangkan untuk membalasnya, tekan saja tombol Reply di bagian bawah.

Menyembunyikan Status Online dengan Pop-up Notifications

Cara menyembunyikan status online di WA saat menerima pesan adalah dengan memanfaatkan fitur Pop-up Notifications. Mirip-mirip seperti membaca pesan di bar notifikasi, kalian tak perlu khawatir ketahuan online saat menerima pesan dari teman maupun rekan kerja.

  1. Buka WhatsApp dan tekan tombol berbentuk tiga titik bertumpuk di kanan atas layar.
  2. Tekan Settings > Notifications, lalu tekan Pop-up Notifications.

Hanya saja, fitur ini cuma berguna pada Android 11 ke bawah saja. Sementara di Android 12, fungsi tersebut tidak dapat diaktifkan sama sekali.

Itu tips dari kami terkait cara menyembunyikan atau menghilangkan status online di aplikasi WhatsApp. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya, Uzoners!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini