home ×
Digilife

Cara IDN Media Menghadapi Dampak Pandemi

08 January 2021 By
Cara IDN Media Menghadapi Dampak Pandemi
Share
Share
Share
Share

Winston Utomo, CEO IDN Media (Foto: Dok IDN Media)

Uzone.id - Dampak dari pandemik dialami oleh seluruh sektor bisnis. Hampir bisa dipastikan tidak ada yang memperkirakan bahwa kegiatan perekonomian akan terhambat selama berbulan-bulan.

Hal ini tentu menjadi tangan bagi para pelaku bisnis, di mana mereka harus dapat bertahan di tengah ketidakpastian.

Winston Utomo, CEO IDN Media, mengungkapkan bahwa bisnis IDN Media pun tidak bisa menghindar dari dampak pandemik tersebut.

Ia pun membagikan tantangan yang dihadapi IDN Media selama pandemik dan apa saja hal yang dilakukan IDN Media untuk menanganinya.

1. Bisnis teknologi dan media turut terdampak COVID-19

Pandemik COVID-19 memang memengaruhi segala aspek kehidupan, tak terkecuali bisnis teknologi dan media.

“IDN Media pun mengalami hal yang sama. Meski kami cukup fortunate dari segi bisnis, kami tentu juga mengalami beberapa hal kurang menguntungkan yang diakibatkan oleh ketidakpastian situasi: kapan pandemik ini akan berakhir, antisipasi apa yang harus kami ambil dalam waktu dekat ini, bagaimana peluang keberhasilan dari antisipasi
tersebut. Harus berani, namun tetap jitu,” ucap Winston.

2. Memutuskan untuk tetap pada growing mode

Saat kasus COVID-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia, perusahaan tentu dituntut untuk segera mengambil keputusan guna mencapai proyeksi teraman bagi keberlangsungan bisnis.



Mengalami hal yang sama, Winston menyebutkan, “Saat itu, kami ambil keputusan untuk tetap berada dalam growing mode. Beberapa produk yang sudah kami persiapkan sebelumnya tetap kami launch, hiring tetap jalan. Ini bukan berarti tanpa risiko. Risiko tentu ada, namun ada kalanya mengambil risiko di tengah ketidakpastian itu perlu.”

Dalam mengambil risiko ini, IDN Media juga memerhatikan dan menimbang beragam informasi dan data yang datang tak hanya dari pihak internal, tapi juga eksternal.

“Saat itu, kami merasa bahwa keputusan tersebut adalah keputusan yang terbaik. Akan lebih sulit bila kami tidak take risk karena it will be a failure by default. Pada akhirnya, dengan kalkulasi dan konsiderasi yang tepat, keputusan yang bisa dibilang nekad saat itu juga bisa terbukti jadi keputusan yang tepat,” terang Winston.

3. Cara pertahankan bisnis di tengah ketidakpastian

Saat ditanya mengenai pesan Winston untuk para pelaku bisnis di tengah situasi yang masih tak menentu, ia menyatakan bahwa akselerasi digital merupakan salah satu hal yang dapat membuat bisnis core bertahan.

“Saya selalu bilang bahwa percepatan digital itu adalah yang
paling utama saat ini. Dengan mengikuti perkembangan bisnis ke arah digital, bisnis yang dijalankan pun dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar yang mayoritas sudah condong dilakukan secara daring,” Winston menegaskan.

Selain itu, Winston melanjutkan, mempersiapkan ekosistem bisnis juga dapat menjadi hal lain yang menguntungkan bagi perusahaan, terutama saat krisis tak terduga sedang terjadi seperti ini.

“Sama halnya dengan IDN Media. Lini-lini bisnis di bawah IDN Media tentu ada yang terdampak. Untuk itu, kami alihkan fokus kami pada lini bisnis yang tetap bertumbuhᅳkami optimalkan dan kami monetize, jadi tiap elemen dalam ekosistem bisnis kami masih bisa saling mendukung. Hal ini tentu juga didukung oleh para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) yang sangat adaptif terhadap perubahan strategi,” tegasnya.

VIDEO Review Samsung Galaxy A12, Plus Minus Sebelum Dibeli:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article