icon-category Gadget

Cara Lenovo ‘Go Green’ Lewat Laptop Premium Yoga 9i 2-in-1 Gen 9

  • 03 Apr 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Salah satu laptop anyar Lenovo yang hadir di tahun ini untuk pasar Indonesia adalah Yoga 9i 2-in-1 Gen 9. Tak hanya kemampuan premium, Lenovo Yoga 9i 2-in-1 Gen 9 juga mengusung inisiasi go green dari perusahaan.

Premium Category Manager Lenovo Asia Pacific, Gregory Beh menjelaskan beberapa hal menarik mengenai inisiasi ESG (Environmental, Social, Governance) dari Lenovo yakni misi pengurangan karbon emisi melalui rombakan pengemasan produk.

“Kemasan Lenovo Yoga 9i 2-in-1 Gen 9 ini berbeda dari edisi sebelum-sebelumnya. Kami menggunakan cardbox [kertas karton] ketimbang plastik. Kita benar-benar tidak menggunakan plastik lagi di dalam kemasannya,” terang Gregory saat berbincang dengan Uzone.id di perhelatan Lenovo Innovate ‘24 di Bangkok, Thailand belum lama ini.

Ia kemudian mendemokan isi kemasan Lenovo Yoga 9i 2-in-1 Gen 9. Alih-alih menggunakan plastik ataupun styrofoam untuk menyangga laptop, Lenovo menggunakan kardus. Pun begitu juga untuk kemasan aksesori mouse yang menggunakan kardus juga.

“Di dalamnya juga ada amplop coklat, isinya case laptop yang juga berasal dari bahan ramah lingkungan,” lanjut Gregory.

alt-img

Case laptop Lenovo Yoga 9i 2-in-1 Gen 9 ini berwarna abu-abu dan ada keterangan bahwa bahan luar dan dalam case ini terbuat dari material daur ulang 100 persen yang setara dengan penggunaan ulang (reuse) dua botol plastik ukuran 500 ml.

alt-img

“Semua lini Yoga 9 sudah termasuk ke dalam misi karbon netral kami. Upaya ini merupakan hasil kerja sama kami dengan agen pemerintah serta agen ESG yang memang fokus pada proyek pengurangan karbon emisi. Mereka memastikan prosesnya, sekaligus mencanangkan program serupa misalnya penanaman pohon, dan lain-lain. Apapun kita upayakan agar dapat semakin ramah lingkungan, saat ini kami mulai dari pengemasan,” tutur Gregory.

alt-img

alt-img

Ia juga menekankan, selain pengemasan produk yang dijual ke konsumen, Lenovo juga mempertimbangkan aspek pengiriman produk, alias shipment.

“Sebagai contoh saat ini kami menggunakan 28 kapal untuk proses shipment, kami mengurangi dua kapal dari jumlah sebelumnya. Pengurangan dua kapal ini juga sudah cukup signifikan bagi lingkungan. Upaya ESG ini bukan lagi baby step, namun bold step. Kami berharap ini semua akan sejalan dengan mimpi zero emission core di 2050,” tutup Gregory.

Seperti diketahui, Lenovo Yoga 9i Gen 9 telah bersertifikasi Carbon Neutral, terdaftar di EPEAT Gold, dan Energy Star, laptop ini mendapatkan predikat ‘Plastic-Free Packaging’ dengan dudukan laptop yang terbuat dari kertas karton, serta dapat digunakan kembali sebagai bantalan.

Laptop ini diproduksi menggunakan 90 persen plastik yang didaur ulang untuk tempat adaptor, 50 persen plastik didaur ulang untuk bagian keyboard, dan 50 persen aluminium daur ulang pada bagian lapisan bawah bodi.

Semua kertas yang digunakan untuk kemasan produk Lenovo Yoga 9i 2-in-1 Gen 9 ini sudah bersertifikasi FSCTM dan terbuat dari bahan-bahan yang diklaim aman bagi lingkungan.

Lenovo Yoga 9i 2-in-1 Gen 9 berjalan di Windows 11 Pro dengan prosesor Intel Core Ultra 7 dan grafis Intel Arc, serta dukungan mesin Lenovo AI Engine+.

Layarnya berukuran 14 inci OLED True Black 500 dan dibekali stylus Lenovo Slim Pen, laptop ini dapat dilipat secara 360 derajat sehingga berubah mode dari laptop konvensional menjadi tablet mode hingga tent mode.

Lenovo membekali Yoga 9i 2-in-1 Gen 9 dengan audio dari Bowers & Wilkins yang disempurnakan juga oleh sistem Dolby Atmos. Laptop ini mengusung memori internal 32 GB LPDDR5x 6400 MHz yang dapat diperluas hingga 1 TB.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini