Gadget

Cara Lindungi Data Personal di Smartphone Pakai ColorOS 7

  • 19 June 2020
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - ColorOS 7 ternyata banyak memberikan fitur-fitur yang bermanfaat. Sebelumnya kami sudah pernah menulis cara mengaktifkan Music Party, dan berbagai cara melakukan screen capture. Kali ini fitur lainnya yang kami anggap sangat berfaedah adalah Personal Information Protection.

    Sudah bukan rahasia lagi jika kita menginstal sebuah aplikasi, data-data personal kita di dalam smartphone pun bisa diakses oleh aplikasi tersebut. Tak hanya call history dan nama kontak tapi juga bisa mengetahui nomor rekening bank, saat kita menggunakan aplikasi e-commerce atau digital payment.

    Nah, di ColorOS 7 ternyata ada fitur yang bisa memproteksi informasi pribadi seperti ini. Namanya Smart Protection. Fitur ini akan menyamarkan data dan informasi penting sehingga tidak bisa diakses oleh oknum peretas yang tidak bertanggung jawab.

    Artinya, saat ponsel berbasis ColorOS 7 diretas hacker, informasi pribadi kita tidak akan terlihat oleh para hacker tersebut.

    Mengaktifkan Smart Protection ini pun mudah. Hanya tiga langkah

    • Buka Pengaturan
    • Masuk ke Privacy/Security
    • Lalu masuk ke Personal Information Protection.
    • Arahkan jari anda ke Smart Protection.
    • Klik lingkaran yang ada di ujung Smart Protection sampai berwarna hijau.
    • Jika sudah hijau maka proses perlindungan informasi pribadi di ColorOS sudah diaktifkan

    Di bagian bawah terdapat opsi perlindungan yang lebih spesifik. Misalnya, memproteksi aplikasi di smartphone agar tidak mengakses Call History atau Panggilan Telepon, akses ke Kontak, Pesan, sampai Events. Buka deretan menu proteksi itu, lalu pilih aplikasi yang ingin anda blok aksesnya ke informasi-informasi tersebut.

    Nah, dari sini saja sudah bisa kamu bayangkan, betapa amannya menggunakan smartphone berbasis ColorOS 7, sistem operasi yang khusus ada di smartphone Oppo tentunya.

    Tags : colorOS colorOS 7 oppo