home ×
Gadget

Cara Mata Tetap Terjaga Meski Menatap Lama Oppo A54

22 April 2021 By
Cara Mata Tetap Terjaga Meski Menatap Lama Oppo A54
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Salah satu dampak buruk terlalu lama berkutat dengan smartphone adalah kerusakan pada mata dikarenakan teknologi blue light pada layar. Menyadari hal itu, kian banyak smartphone yang mengadopsi filter-filter untuk mengurangi dampak cahaya biru agar smartphone tetap nyaman digunakan.

Blue light adalah sinar biru yang dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan perangkat gadget lainnya. Sinar biru tersebut awalnya diciptakan sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan.

Sinar biru bisa sangat berbahaya apabila kita berlebihan terkena pancarannya. Misalnya ketika kita terkena paparannya pada malam hari, dimana waktunya kapan untuk tidur dan beristirahat. Akibatnya, kita menjadi sulit untuk mengantuk atau tidur dan pastinya akan berdampak pada kesehatan kita.

Baca juga: Video Review Oppo A54, Ponsel Tahan Air

Secara ilmiah, sinar biru tadi akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Ketika hormon ini berkurang, maka rasa mengantuk pun juga berkurang. Meski mata dan badan sudah sangat lelah, kita tak akan pernah bisa mengantuk tanpa adanya hormon melatonin.

Itu hanya satu dari sekian banyak dampak buruk terlalu lama menatap layar smartphone. Selain insomnia, mata juga bisa cepat lelah, yang berujung pada kerusakan daya penglihatan.

Maka dari itu, saat membeli smartphone, usahakan memilih yang punya filter cahaya biru atau teknologi yang bisa membuat mata nyaman. Misalnya di Oppo A54. Layar Oppo A54 yang dilengkapi fitur Eye Comfort dapat mengurangi cahaya biru guna mencegah ketegangan pada mata. Fitur ini dapat diatur agar senantiasa menyala atau Always On dan secara terjadwal. Begitu pula dengan temperatur cahaya layar dapat disetel mulai dari Cool hingga Warm.

Sementara fitur Sunlight Screen akan menyesuaikan pengaturan kecerahan layar di perangkat Oppo A54. Fitur ini akan meningkatkan kecerahan layar hingga 14,5 persen saat berada di bawah sinar matahari sehingga tampilan teks dan aplikasi tetap terlihat dengan jelas. Sebaliknya, fitur Moonlight Screen akan mengurangi pancaran cahaya hingga 2 nits saat berada di lingkungan gelap agar tidak menyilaukan mata.

Baca juga: Gamers Dimanjakan Hyperboost dan Oswap di Oppo A54

Tak hanya tiga fitur di atas, Oppo A54 juga memberikan fitur berbasis kecerdasan buatan yakni AI Smart Backlight. Fitur ini akan mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam tingkat kecerahan sehingga di lain waktu dapat mengatur secata otomatis.

Jangan lupa juga untuk membatasi waktu penggunaan gadget, termasuk smartphone. Saat menggunakan ponsel, sebaiknya kamu sering mengedipkan agar melembapkan mata selama bekerja. Gunakan cara 20-20-20, yakni mengalihkan pandangan dari layar ponsel setiap 20 menit untuk menatap objek yang berjarak jauh sekitar 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik – waktu yang dibutuhkan untuk otot mata akhirnya relaksasi.

Sebaiknya, gunakan ponsel di lingkungan dengan pencahayaan cukup terang, posisi duduk yang tegak atau bersandar namun tidak sembari tiduran. Jika perlu, gunakan screen filter untuk mengurangi kilatan cahaya dari layar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article