Digilife

Cara Melaporkan Konten Instagram karena Langgar Privasi

  • 23 November 2021
  • Bagikan :
    Cara Melaporkan Konten Instagram karena Langgar Privasi Ilustrasi (Foto: Maddi Bazzocco / Unsplash)

    Uzone.id - Jika hak privasi kamu di Instagram telah dilanggar, kamu bisa melaporkan postingan konten atau profil pengguna karena tidak mengikuti pedoman komunitas.

    Kamu bisa melaporkan postingan konten di Instagram karena beberapa alasan, seperti: Ketelanjangan atau aktivitas seksual, ujaran atau simbol kebencian, bahasa atau aktivitas rasis, organisasi kekerasan atau berbahaya, penindasan atau pelecehan, menjual barang ilegal, pelanggaran kekayaan intelektual, dan bunuh diri atau melukai diri sendisi. 

    Selain itu, kamu juga bisa melaporkan profil karena memposting konten yang tidak pantas, berpura-pura menjadi orang lain, atau pengguna jadi anak di bawah usia 13 tahun.

    Harap dicatat, laporan akan bersifat anonim, kecuali jika kamu melaporkan pelanggaran hak kekayaan intelektual. Akun yang kamu laporkan tidak akan melihat siapa yang melaporkannya.  

    BACA JUGA: Masuk Toilet SPBU Bayar Rp2.000 Jadi Sorotan Netizen

    Untuk melaporkan postingan konten atau profil, kamu bisa lebih dulu masuk ke situs https://www.facebook.com/help/instagram. Instagram menyediakan langkah yang mudah bagi kamu untuk membuat laporan.

    Pertama, Instagram bertanya apakah kamu punya akun Instagram atau tidak?

    Jika kamu jawab "Ya" maka Instagram menyarankan terlebih dahulu agar kamu langsung menghubungi akun yang telah melanggar aturan Instagram.

    Jika kamu jawab "Ya", namun yang bersangkutan belum menanggapi atau menghapusnya, Instagram akan kembali bertanya apakah kamu punya tautan ke konten yang kamu laporkan? 

    Selanjutnya Instagram akan menanyakan jenis konten yang kamu laporkan berupa Foto atau Video. Kemudian, kamu bisa isi link url foto atau video yang kamu laporkan di kolom khusus.

    Instagram kemudian bertanya kembali soal gambar yang kamu laporkan apakah itu kamu sendiri atau sebagai orangtua dari anak yang telah dilanggar hak privasinya.

    Setelah itu, Instagram menyediakan pilihan apakah anak kamu berusia 13 tahun atau di atas 13 tahun. Facebook juga akan meminta alamat email dan meminta kamu mengisi alasan kenapa gambar tersebut telah melanggar hak privasi. Nah, mudah bukan?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini