icon-category Digilife

Cara Praktis Mencari Smartphone Android yang Hilang

Ilustrasi ponsel Android yang hilang

Uzone.id - Mungkin lagi apes, smartphone Android yang kita sayang-sayang dan dijaga sepenuh hati, bisa saja hilang. Bisa saja karena lupa simpan atau dicopet orang ketika naik angkutan umum yang memang masih rawan pencopet. Kalau kalian mengalaminya, jangan khawatir karena ada cara untuk mencari dan melacak smartphone Android yang hilang.

Ponsel Android terbaru saat ini sudah disematkan fitur bernama Find My Device. Biasanya sih ada pada bagian Settings. Fitur ini dibuat Google untuk mencari smartphone yang hilang atau dicuri.

Tak cuma mengetahui titik lokasi dari ponsel yang hilang, Find My Device pun bisa dipergunakan untuk mengunci ponsel dari jarak jauh, menghapus file penting di dalamnya, atau terus-menerus membunyikan alarm untuk tahu dimana posisi ponsel yang hilang.

Tapi kalau ponsel Android kalian tak memiliki fitur bawaan tersebut, bisa kok download gratis Find My Device melalui Google Play Store. Nah, berikut ini cara untuk melacak dan mencari HP Android yang hilang menggunakan Find My Device.

Baca juga: 5 Cara Menang di Game Stumble Guys

  1. Ponsel kalian harus terdaftar sebagai perangkat di Find My Device. Buat ponsel baru, Find My Device biasanya sudah menyala dan terhubung langsung ke akun Google yang telah terdaftar sebelumnya.
  2. Kami sarankan untuk mencari smartphone yang hilang melalui browser. Akses saja situs resmi Find My Device, kemudian login dengan akun Google yang sama dengan ponsel Android kalian.
  3. Di halaman utama, pilih ponsel kalian yang hilang di bagian atas. Kebetulan, smartphone yang kami kira hilang ternyata ketinggalan di rumah. Hal ini diketahui dari lokasi real-time yang terdeteksi langsung oleh Find My Device.
  4. Ketika di rumah misalnya, letak ponsel kalian tak diketahui, kalian bisa membunyikan semacam alarm yang diaktifkan melalui Find My Device. 
  5. Caranya dengan menekan tombol Play Sound yang akan membunyikan alarm selama 5 menit bahkan saat ponsel berada di kondisi silent.
  6. Kalau ponsel kalian hilang atau dicuri, kalian bisa menekan tombol Secure Device untuk mengunci perangkat dan mengeluarkan akun Google dari ponsel.
  7. Erase Device juga bisa jadi solusi untuk menghapus data-data pada ponsel.
  8. Adapun untuk melacak dan mencari ponsel Android yang hilang, cara termudahnya adalah dengan menekan logo ponsel pada maps dan secara otomatis akan diarahkan ke situs Google Maps.

Baca juga: 6 Cara Cek Aplikasi dan Game Palsu di Android

Melacak ponsel yang hilang dalam keadaan mati

Pertanyaannya, bagaimana cara mencari ponsel yang hilang dan dalam keadaan mati? Cukup sulit memang lantaran Find My Device mengharuskan ponsel untuk terhubung ke jaringan seluler.

Ada trik yang bisa kalian coba, berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka Google Maps di desktop kalian, kemudian login ke akun Google yang ada di ponsel Android yang hilang.
  2. Kalau sudah masuk, klik tombol tiga garis bertumpuk dan tekan Your Timeline.

  3. Di halaman Google Maps Timeline, lokasi ponsel kalian akan terlacak hingga posisi terakhirnya. Agar memudahkan, tekan tombol Today untuk melihat titik lokasi terakhir.

Itu dia cara untuk mencari dan melacak ponsel Android kalian yang hilang. Selamat mencoba dan semoga ponsel kalian ketemu lagi ya, Uzoners!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini