icon-category Auto

Cara Mengetahui Kapan Harus Ganti Oli

  • 15 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Cara mengetahui oli harus diganti memang susah-susah gampang. Apalagi, saat mengetahuinya kita sedang disibukkan oleh berbagai hal, sehingga menggunakan aplikasi bengkel mobil untuk reservasi online menjadi solusinya. Banyak orang masih berpedoman dengan jarak tempuh.

    Padahal hal ini tidak bisa dijadikan patokan pasti, karena bisa saja oli harus diganti karena kondisinya sudah tidak baik padahal belum melewati batas jarak tempuh.

    Maka dari itu, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat saat ingin mengganti oli, jangan sampai Anda sembarangan dan membiarkannya begitu saja. Karena ketika Anda terlambat mengganti oli tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja mesin dan komponennya.

    Mengingat peran oli sebagai pelumas yang berperan untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada komponen mesin. Ketika oli sudah tidak dalam keadaan baik namun tetap dipaksakan hal ini bisa berdampak buruk pada kondisi mesin maupun komponen lainnya.

    Begini Cara Mengetahui Oli Harus Diganti

    Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa menjadi acuan untuk mengetahui kapan harus mengganti oli yang tepat. Hal ini harus benar-benar diperhatikan mengingat oli memang menjadi salah satu hal penting untuk menjaga performa mesin tetap dalam kondisi baik.

    Apalagi oli ini juga bekerja untuk meratakan panas ke seluruh komponen mesin dan menjaga serta melumasi komponen mesin agar bekerja dengan baik. Makanya jika Anda ingin performa mesin tetap terjaga ada baiknya Anda harus rajin mengganti oli tepat waktu.

    Baca juga: Alasan Kenapa Oli Cepat Menghitam

    Meskipun kendaraan tersebut jarang dipakai ada baiknya jika Anda tetap mengganti oli secara rutin agar performa mesin tetap terjaga. Nah bagi Anda yang belum tahu cara mengetahui waktu yang tepat untuk ganti oli berikut beberapa ciri-ciri oli harus diganti.

    Oli Menghitam dan Tekstur Encer

    Cara mengetahui oli harus diganti yang pertama adalah dengan memperhatikan warna dan teksturnya, karena hal ini memang bisa menandakan kualitas oli. Biasanya oli dengan warna hitam dan tekstur lebih encer menandakan jika oli tersebut sudah waktunya diganti.

    Karena pasti seiring dengan pemakaian warna oli akan menghitam dan teksturnya akan berubah menjadi lebih encer. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerak sisa pembakaran yang terus terjadi dalam mesin karena kendaraan sering digunakan.

    Sudah Mencapai Batas Jarak Tempuh

    Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan jarak tempuh yang sudah dicapai, cara ini memang paling umum dan banyak digunakan. Biasanya ketika Anda terbiasa mengganti oli di bengkel resmi Anda akan diberitahu batas maksimal jarak tempuh sehingga Anda harus mengganti oli.

    Biasanya hal ini tercantum pada buku service. Nah, Anda bisa melihat tanggal yang tertera di buku service untuk mengganti oli. Pastikan jika Anda tidak melewati batas jarak tempuh dan berakibat Anda telat dalam mengganti oli kendaraan.

    Oli Menyusut

    Cara mengetahui oli harus diganti selanjutnya adalah ketika oli sudah mulai menyusut. Hal ini bisa disebabkan karena Anda sering menggunakan kendaraan. Sehingga oli akan semakin berkurang seiring waktu. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

    Misalnya seperti penguapan yang disebabkan suhu panas, kebocoran hingga kualitas oli yang tidak bagus, nah sebaiknya Anda segera mengganti oli. Karena jika tidak segera dilakukan hal ini akan berdampak buruk pada kinerja mesin dan bisa menyebabkannya cepat rusak.

    Suara Mesin Lebih Kasar

    Cara mengetahui oli harus diganti selanjutnya biasanya ditandai dengan suara mesin yang lebih kasar bahkan tarikan terasa lebih berat. Hal ini biasanya disebabkan karena keadaan oli yang lebih encer dan volume nya berkurang sehingga membuat suara mesin lebih kasar.

    Hal ini bahkan bisa menyebabkan mesin cepat panas, tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi performa mesin Anda. Bahkan hal ini dapat menyebabkan tarikan mesin terasa lebih berat, jika semakin dibiarkan hal ini bahkan bisa merusak komponen mesin.

    Asap Lebih Pekat

    Cara mengetahui oli harus diganti  selanjutnya adalah dengan memperhatikan asap yang ditimbulkan oleh kendaraan. Biasanya asap kendaraan ini berwarna transparan atau sedikit abu-abu. Nah ketika asap ini justru berwarna hitam pekat bisa jadi kondisi oli Anda sudah tidak baik.

    Baca juga: Alasan Filter Oli Bisa Diganti

    Hal ini mungkin masih sering diabaikan sebagian orang, terutama bagi mereka yang belum mengetahui jika asap berwarna hitam menandakan oli harus segera diganti. Maka dari itu, ada baiknya jika asap dari knalpot sudah berwarna hitam Anda segera mengganti oli agar kinerja kendaraan tetap terjaga.

    Lampu Indikator Oli Menyala

    Selain beberapa cara di atas Anda juga bisa memperhatikan lampu indikator oli, biasanya jika oli harus diganti lampu ini akan menyala. Nah, lampu ini tidak akan menyala jika oli baru saja diganti dan kondisinya masih baik.

    Cara mengetahui oli harus diganti yang terakhir ini bisa menjadi cara mudah untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Pastikan jika tanda tersebut muncul Anda sesegera mungkin mengganti oli agar kendaraan dapat kembali bekerja dengan baik. Pastikan Anda menggunakan jasa platform Otoklix untuk melakukan reservasi ke bengkel mobil langganan agar waktu service menjadi lebih efisien.

    Dapatkan juga aneka promo menarik, seperti PAKOTO dan dapatkan diskon untuk harga lebih hemat.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini