home ×
Digilife

Cara Mute dan Unmute Peserta di Aplikasi Clubhouse

18 February 2021 By
Cara Mute dan Unmute Peserta di Aplikasi Clubhouse
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Apabila anda memperhatikan media sosial akhir-akhir ini, terdapat sebuah aplikasi atau kata kunci yang ramai dibicarakan, yaitu Clubhouse. Platform ini memberi kebebasan bagi penggunanya untuk mengobrol, berbagi cerita, dan berkolaborasi hanya melalui suara.

Kemudian, yang membedakan Clubhouse dari media sosial lain adalah ekslusitivitasnya. Pengguna hanya dapat menggunakan Clubhouse apabila mereka menerima undangan dari pengguna lain yang sudah mendapat akses lebih dulu. Tentunya, hanya untuk pengguna iPhone, belum untuk Android.

Baca juga: Kapan Clubhouse Hadir di Android?

Berbeda seperti aplikasi voice-chat layaknya Zoom, pengguna Clubhouse tidak selalu dapat mengontrol kapan mereka dapat berbicara.

Pengguna dapat masuk ke dalam berbagai room chat, namun hanya dapat ikut berbicara apabila sang pemilik room memberikan akses. Apabila pengguna tidak diberikan akses, maka secara default seluruh pengguna akan di-mute.

Lalu bagaimana agar penonton bisa berpartisipasi?

Seluruh pengaturan dipegang oleh sang host atau pemilik room. Pemilik room dapat menyalakan mode untuk tanya jawab. Pada mode tanya jawab ini, para anggota room (atau penonton) dapat menekan tombol “Raise hand”. Dengan menekan tombol ini, sang host akan mendapatkan peringatan. Bila permintaan ”Raise hand” diterima, maka sang penonton dapat berbicara.

Baca juga: China Blokir Clubhouse karena Ada Diskusi Soal Uighur hingga Taiwan

Pengaturan ini memang kesannya sangat ketat, akan tetapi fitur ini memang sepertinya dibutuhkan karena Clubhouse memperbolehkan hingga 5,000 pengguna untuk masuk ke room-chat yang sama.

Tanpa moderator atau host yang mengatur, tentu saja diskusi atau topik room-chat tidak dapat disampaikan dan tidak bisa berjalan dengan baik. Walau Clubhouse masih terus berinovasi, kemungkinan besar fitur mute dan unmute ini tidak akan diubah ke depannya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article