icon-category Auto

Cara Nyetir Hemat BBM Saat Harganya Mahal

  • 15 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Saat harga BBM kini makin mahal dan mobil yang kita miliki sebenarnya punya konsumsi BBM yang sudah irit, tapi tetap mau berhemat? 

    Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan cara kita mengemudi. Karena hal ini penting untuk meningkatkan efisiensi BBM mobil kita.

    Cara berkendara sangat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Berkendara yang agresif tentunya akan membuat konsumsi BBM lebih boros.

    BACA JUGA: Komparasi Beli Mobil Listrik vs Mobil Konvensional, Siapa Paling Untung?

    Jadi, teknologi mesin mobil modern yang diklaim irit akan sangat percuma kalau gaya berkendara pengemudinya belum mendukung kehematan bahan bakar. 

    Lalu, cara berkendara bagaimana yang bisa menghemat bahan bakar?

    "Pertama, hindari melakukan akselerasi kendaraan untuk mendapatkan kecepatan secara instan," kata Primaghany, Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City Primaghany dikutip Uzone.id situs resminya.

    Jadi, jangan lagi nyetir secara agresif dengan melakukan akselarasi instan dan menekan pedal gas secara spontan.

    Ngegas secara agresif itu memicu kendaraan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak untuk memenuhi akselerasi yang diharapkan pengemudi.

    "Usahakan melakukan akselerasi kendaraan secara bertahap, hal ini akan mendapatkan efek pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien," kata dia.

    Kemudian selain ngegas harus lebih halus, kebalikannya, saat ngerem juga harus halus dan usahakan jangan sering-sering melakukan pengereman mendadak.

    "Hal ini menyebabkan laju kendaraan hilang begitu saja, padahal bila kita dapat memprediksi jarak pengereman serta kecepatan saat ini, akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, karena kita tidak perlu menambah gas atau kecepatan kendaraan," jelasnya.

    Intinya tambah Prima, hindari berkendara secara agresif. Selain konsumsi bahan bakar lebih irit, hal ini juga memberikan kenyamanan dalam berkendara bagi pengemudi dan penumpang.

    VIDEO Mitsubishi Outlander PHEV, Solusi BBM Mahal:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini