icon-category Auto

Cara Pantau CCTV Jalan Tol, Biar Gak Kejebak Macet Horor Arus Balik

  • 04 May 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Hari Raya Idul Fitri sudah sama-sama kita lewati dan banyak masyarakat yang kini dibolehkan untuk liburan. Imbasnya, saat arus mudik beberapa hari lalu pun lalu lintas langsung membludak. Nah, bagaimana dengan arus balik?

    Selain himbauan pemerintah untuk pulang dari kampung halaman lebih dulu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kemacetan horor yang kerap terjadi selama libur lebaran, khususnya arus balik.

    Pertama kalian bisa mendownload aplikasi Travoy diunduh melalui Apps Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store untuk pengguna Android. 

    BACA JUGA: Tinggalkan Motor saat Mudik, Ini 6 Tips Aman dari Karat Hingga Kebakaran

    Pada fitur Maps & CCTV, pengguna bisa memantau keadaan jalan tol melalui aplikasi Maps dan CCTV secara real time.

    Platform selanjutnya, kalian bisa menggunakan CCTV real time yang disediakan Bina Marga melalui situs resmi, yakni https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv. 

    Kemudian, situs resmi Badan Pengelola Jalan Tol juga menyajikan kondisi real time sejumlah ruas tol di seluruh Indonesia, sehingga para pemudik arus balik bisa memantau kondisi di depannya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk melakukan pergerakan.

    BACA JUGA: Mobil Ditinggal Lama Mudik, Simak 8 Tips Biar Tetap 'Kinclong'

    Selanjutnya, pemudik juga bisa mengakses informasi lalu lintas melalui situs RTTMC pemudik juga dapat mengecek di jalur non tol. Layanan ini tersedia di laman https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv.

    Disiarkan secara langsung, jalurnya terbagi atas beberapa wilayah seperti di jalur utara, jalur tengah, jalur selatan, jalur barat, hingga sejumlah terminal dan drone.

    Dengan memadukan pantauan streaming CCTV ini, ditambah bantuan dari Google Maps, seharusnya sudah sangat membantu untuk menghindari kita terjebak dari kemacetan horor.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini