icon-category Gadget

Cara Smartphone OPPO Bisa Menghasilkan Foto Portrait

  • 29 Jan 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Kemampuan OPPO untuk bisa menghasilkan foto portrait ciamik sudah dilakukannya sejak 2019. Kala itu, OPPO Reno 10X zoom hadir dan memiliki fitur bernama AI Ultra-Clear Engine yang mampu mengurangi waktu pemrosesan sebuah foto.

Kini, di tahun 2022, OPPO sudah bersiap dengan seri Reno terbaru yang digadang memiliki teknologi foto portrait lebih canggih dari sebelumnya. Semua itu berkat adanya bantuan sensor Sony IMX 709. Sensor ini diklaim mempunyai peningkatan sensitivitas cahaya mencapai 60 persen dan pengurangan noise sebesar 35 persen dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada kamera OPPO Reno6 Pro.

Namun dalam penjelasannya, pihak OPPO mengaku jika ada banyak proses yang dibenamkan di ColorOS agar kamera bisa menghasilkan foto portrait layaknya profesional. Semua ada berkat tiga teknologi yang disatukan sehingga menghasilkan kecerdasan buatan yang bisa memaksimalkan fotografi.

Baca juga: Beda Foto Potrait OPPO di ColorOS 11 dan 12

Tiga teknologi itu adalah computational vision yang merupakan sistem pengolahan gambar. Ada juga grafis komputer yang merupakan prosesor pengolah gambar (NPU). Dan terakhir adalah Optical Sensor yang harus dipilih dari sensor smartphone terbaik.

Semua teknologi tersebut akan disatukan kemudian mengalami proses yang cukup rumit. Algoritma penggabungan kecerdasaan buatan akan terdiri dari metadata yang digabungkan dengan gambar yang ditangka dan gambar sebelumnya. Kemudian semuanya mengalami proses adaptive brightness enhancement, adaptive dynamic range, serta proses adaptive noise reduction, kemudian keluarlah hasil foto yang diinginkan.

Baca juga: Review Foto dengan OPPO A95

Di OPPO Reno terbaru yang akan hadir tahun ini, OPPO telah menyiapkan Sony IMX 709. Sensor ini diklaim memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap lingkungan rendah cahaya sehingga bakal mampu menghasilkan foto dengan terang dan tajam pada kondisi minim cahaya atau malam hari.

Sony IMX 709 menggunakan sensor RGBW (Red Green Blue White) dan teknologi Quadra Binning Algorithm yang mana terjadi penambahan dua piksel putih di setiap empat piksel. Hal ini membuat setiap piksel dapat mendeteksi serta mengenali sinyal merah, hijau, biru, dan putih.

Hadirnya sensor RGBW pada Sony IMX 709 pun akan membuat kamera dari handphone Reno Series terbaru nantinya dapat menghasilkan foto Portrait yang lebih jernih dan alami.

Kita tunggu saja kedatangan OPPO Reno terbaru dalam waktu dekat

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini