Auto

Cara Suzuki Aplikasikan Oli Motor Juara MotoGP 2020 ke Motor Harian

  • 11 November 2021
  • Bagikan :
    Cara Suzuki Aplikasikan Oli Motor Juara MotoGP 2020 ke Motor Harian

    Uzone.id -  Sehebat apapun motornya, kalau oli nya tidak bagus, maka semuanya akan sia-sia. Sebab, oli bagaikan darah pada manusia dan punya peran yang penting dan vital.

    Beberapa fungsi oli pada sepeda motor antaralain untuk melumasi, melindungi, membersihkan, mendinginkan, menambah performa, meredam getaran dan suara, sampai anti karat pada mesin motor.

    Nah, makanya perlu lebih cermat dalam memperhatikan bagaimana oli yang bagus atau tidak. Kita bisa mengetahuinya secara fisik dari warnanya, jernih atau tidak.

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    Oli yang baik juga punya aroma yang tidak menyengat dan tidak meninggalkan kotoran. Sanggup meningkatkan performa motor dan memiliki jarak tempuh yang sesuai dengan daya tahan sepeda motor.

    Selain fungsi dasar tersebut, sejumlah pabrikan pun juga meracik oli sedemikian rupa agar punya keunggulan dan meningkatkan performa dari motor. Bahkan, Suzuki mengklaim, sampai menerapkan oli yang digunakan di motoGP untuk motor harian pada Ecstar.

    Apalagi Suzuki pun makin pede setelah oli yang digunakan di motor Joan Mir, bisa membawanya menjuarai motoGP 2020 lalu. Apa sih hebatnya oli Ecstar ini?

    Di motoGP, Joan Mir menggunakan motor balap Suzuki GSX-RR dengan kapasitas 1000cc, konfigurasi empat silinder segaris dengan empat katup per silinder.

    Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 240 PS dan sanggup digeber sampai dengan kecepatan 340 km perjam.

    Nah, hasil riset dari balap dunia tersebut, Suzuki pun menerapkan racikan tersebut agar bisa juga digunakan untuk motor harian.

    Suzuki Ecstar sebagai merek pelumas khusus kendaraan Suzuki dibekali dengan teknologi Molybdenum yang memiliki kemampuan membentuk lapisan keras yang rata di permukaan metal pada mesin, berfungsi mengurangi gesekan-gesekan yang terjadi di dalam mesin. 

    Kelebihannya antara lain hemat bahan bakar, memberikan perlindungan pada mesin, serta menjadikan mesin lebih bersih meski usia mesin lebih lama sehingga maksimal dalam memperpanjang usia mesin dengan cara mencegah pembentukan lumpur dan endapan di dalam mesin. 

    Spesifikasi API Service oli ini mendapat kode “SN”yang merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui oleh API (American Petroleum Standard). Sekaligus menjadikan Suzuki Ecstar sebagai pelumas yang sudah berstandar internasional.

    API-SN meningkatkan perlindungan piston terhadap deposit akibat temperatur tinggi, pengendalian sludge yang lebih baik untuk membantu memperpanjang usia dan menjaga kondisi mesin tetap bersih.

    Bahkan, juga bisa meningkatkan perlindungan pada kondisi putaran mesin rendah, ramah lingkungan, lebih kompatibel terhadap alat pengendali emisi, seperti katalitis konverter, dan yang terakhir tidak merusak seal-seal di dalam mesin.

    Oli Ecstar ditawarkan dalam dua jenis, pertama adalah Ecstar F 7000 yang berbasis semi sintetis, serta yang kedua adalah Ecstar F 9000 SAE 0W-20 SN berbasis full sintetis dengan performa yang lebih tinggi. 

    VIDEO: Ini dia penampakan Mitsubishi Xpander terbaru:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini