icon-category Food

Cara Tepat Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Bagikan :

Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata. Hari raya umat muslim ini identik dengan penyembelihan hewan kurban, baik sapi, domba, maupun kambing.

Berbicara mengenai daging kambing, olahan makanan tersebut merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia saat Hari Raya Idul Adha. Banyak orang mengolah daging kambing dengan menjadikannya sate atau gulai kambing yang lezat.

Tapi mengolah daging kambing tidak bisa sembarangan, Karena daging kambing, jika tidak diolah dengan benar, kemungkinan besar akan menimbulkan bau sehingga mengurangi kenikmatan bagi orang yang menyantapnya. Nah, buat Anda yang hendak mengolah daging kambing saat Idul Adha nanti, simak cara mengolah daging kambing yang benar berikut ini.

1. Buang lemaknya

Daging kambing memang memiliki bau khas yang kurang sedap atau yang biasa disebut dengan bau prengus. Nah, bau prengus ini sebagian besar berasal dari lemak yang menempel pada daging kambing.

Untuk itu untuk meminimalisir baunya. Anda perlu mengiris lemak yang menempel pada daging. Lebih baik, coba bekukan dulu daging kambing di dalam lemari es agar Anda dapat mengiris lemaknya lebih mudah.

2. Jangan dicuci

Agak berbeda dengan daging lainnya, daging kambing sebaiknya jangan dicuci. Jika dicuci, tekstur daging akan jadi lebih alot dan baunya akan semakin menyengat. Saran kami, coba langsung rebus daging kambing dalam keadaan tidak dicuci kemudian buang air rebusannya.

3. Menaburkan garam

Ini bisa dilakukan jika Anda sudah terlanjur mencuci daging kambing. Dengan menaburkan garam dan meratakannya pada daging yang sudah dicuci, Anda akan membuat daging kambing tersebut menetralisir darah yang menjadi salah satu sumber bau prengus daging kambing. Setelah garam merata, diamkan selama satu jam.

(Baca juga: Kiat Pintar Mengonsumsi Daging)

Membuat daging lebih empuk

1. Daun pepaya

Daging kambing memang dikenal memiliki tekstur daging yang alot dan keras jika tidak diolah dengan benar. Hal ini akan membuat kita kurang bisa menikmatinya. Namun untuk membuatnya lebih empuk, Anda bisa menggunakan daun pepaya.

Daun pepaya memang dikenal dapat membuat daging lebih empuk. Lapisi daging kambing yang sudah dipotong dengan daun pepaya, lalu diamkan selama 30 menit sebelum mengolahnya sesuai selera Anda.

2. Nanas

 

Nanas juga bisa dipakai untuk membuat daging kambing lebih empuk. Setelah mengupas nanas, parut nanas, dan ambil airnya. Air ini digunakan untuk melumuri daging kambing. Diamkan 30 menit sebelum mengolahnya.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau tidak sedap yang ada di daging kambing. Jeruk nipis juga bisa membunuh bakteri yang terdapat pada daging kambing. Sama seperti yang lain, lumuri air jeruk nipis pada daging kambing dan diamkan selama 30 menit sebelum diolah.

4. Buah pir

Sama seperti nanas, buah pir bisa untuk membuat daging kambing lebih empuk. Anda tinggal parut buah pir, kemudian baluri daging kambing dengan air buah pir. Diamkan 30 menit sebelum diolah.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini