icon-category Auto

Kadang Disepelekan, Cek Lagi Cara Tepat Pakai Sabuk Pengaman

  • 05 Oct 2019 WIB
Bagikan :

Sabuk pengaman merupakan fitur mobil yang sudah umum dikenal setiap orang, namun karena saking terbiasa sering kali barang ini disepelekan. Memakai sabuk pengaman punya aturan pakai tersendiri yang bisa menentukan seberapa optimal perannya menjaga tubuh dari cedera.

Perlu dipahami salah satu fungsi sabuk pengaman yakni menahan tubuh seseorang tetap di jok dan tidak terpelanting ke segala arah saat mobil bergerak atau tabrakan. Sabuk pengaman juga berguna menjaga badan penumpang terhindar dari letupan awal kantong udara.

Walau sudah umum, masih banyak pengemudi dan penumpang yang tidak mengetahui cara menggunakan sabuk pengaman dengan benar. Bahkan tidak sedikit juga yang merasa memasang sabuk pengaman hanya agar tidak ditilang polisi atau biar sistem peringatan mobil tidak menyala.

Pada kebanyakan sabuk pengaman di mobil modern, ada dua sisi sabuk yang dilekatkan pada badan, yaitu di depan pinggang dan menyilang di depan dada. Sabuk pengaman jenis ini disebut tiga titik.

Cara memakai sabuk pengaman seperti itu wajib dilakukan agar fungsinya maksimal. Hindari kesalahan seperti hanya memakai sabuk yang menyilang di depan dada sementara sabuk di depan pinggang malah ditanggalkan.

Berikut adalah petunjuk penggunaan benar sabuk pengaman yang seperti dikutip dari situs resmi dealer Auto2000, acuan ini bisa dipakai untuk pengemudi baru. Buat pengemudi pengalaman, bisa dicek lagi apakah kebiasaan selama ini sudah tepat atau belum.

1. Posisi duduk harus sejajar antara punggung dan sandaran kursi. Hindari berlebihan merebahkan sandaran kursi, hal ini biking sabuk pengaman longgar.

2. Jika sandaran kursi direbahkan berlebihan, saat terjadi kecelakaan sabuk pada pinggang bisa melewati pinggang dan menahan perut, ini bisa membuat cedera lebih serius.

3. Sabuk pengaman yang melintang mesti berada di bahu, menempatkannya di tempat lain seperti leher atau di bawah ketiak. Hal ini juga berguna menghindari cedera.

4. Penting memakai sabuk pengaman di pinggang, jangan di perut. Sabuk pengaman dirancang agar menahan pinggang yang bikin badan tidak terlempar ketika terjadi kecelakaan.

Berita Terkait

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini