home ×
Gadget

Cara Ubah Font Tulisan Sampai Bikin Ringtone Sendiri di ColorOS 11

28 September 2020 By
Cara Ubah Font Tulisan Sampai Bikin Ringtone Sendiri di ColorOS 11
Share
Share
Share
Share

 (Ilustrasi/9to5Google)

Uzone.id -- Sistem operasi kustomisasi milik Oppo, ColorOS 11 yang meluncur berdekatan dengan Android 11 kali ini menawarkan beberapa hal yang rasanya mudah untuk dipersonalisasikan. Ada beberapa fitur yang bisa diatur sesuai keinginan dan selera si pengguna.

Seperti yang kita tahu, Oppo secara terang-terangan mengatakan kalau ColorOS 11 yang sudah berjalan di Android 11 ini merupakan hasil dari masukan, kritik, dan saran para pengguna setia Oppo agar tiap detail di dalamnya sesuai kemauan para user.

Bagi kalian yang mungkin hobi mengotak-atik software, dalam hal ColorOS 11, mungkin deretan fitur di bawah ini bakal menarik untuk dicoba. Ada apa saja?

1. Ganti Wallpaper dan atur Always-on Display
Urusan gonta-ganti wallpaper tentu bukan hal baru bagi ponsel pintar. Tapi di ColorOS 11 ini, pengguna bisa bikin tampilan wallpaper sesuai keinginan dan bisa dirombak dari gambar atau foto yang ada di dalam galeri ponsel.

Tinggal buka Settings > Personalizations > Wallpapers > klik Local album > pilih gambar atau foto yang diinginkan > klik ikon bulat yang menyerupai gambar lampu > pilih pola yang dihasilkan dari gambar tersebut untuk dijadikan wallpaper ponsel.

Fitur ini mungkin akan berguna kalau kalian ingin cari nuansa baru untuk tampilan depan ponsel.

Tak cuma itu, ColorOS 11 juga bisa mempersonalisasikan tampilan Always-on Display.

Caranya, buka Settings > Personalizations > Always-on Display > aktifkan.

Di dalamnya, ada beberapa pilihan lain untuk menghiasi layar Always-on Display, seperti kustomisasi pola animasi, tampilan teks, dan bentuk atau format jam yang bisa analog maupun digital.

(Tampilan pengaturan Always-on Display ColorOS 11/Uzone.id)

2. Ubah jenis dan ukuran font
Sebagai user, kita bisa memilih tipe font, ukuran, dan jenis font lain yang bisa diunduh secara gratis. Caranya juga sederhana.

Klik Settings > Personalizations > klik Font & display size > pilih font yang diinginkan > atur ukuran font dengan menggeser pointer > atur ukuran tulisan yang tampilan pada layar > selesai.

3. Bikin nada dering (ringtone) sendiri
Fitur ini akan mengingatkan kita ke ponsel zaman dulu seperti Nokia dan lainnya, ketika lagi suntuk, kita bisa bikin ringtone sendiri di ponsel.

Di ColorOS 11 ini, semuanya dibikin sederhana. Ada beberapa jenis suara yang bisa dipilih sesuai mood dan kecepatannya, bisa cepat atau lambat.

(Tampilan saat membuat ringtone di ColorOS 11/Uzone.id)

Pengguna tinggal ke menu Settings > Personalizations > Ringtone maker > gerakan kursor ke tipe suara yang diinginkan > klik Generate untuk menyimpan nada dering.

Sudah ada yang coba?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Akmall Dishollder 29 September 2020 | 11:33:16

mantap sekali anjim gue jadi pengen

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article