home ×
Digilife

Cara untuk orang tua Menghadapi Anak yang Melek Teknologi

16 February 2021 By
Cara untuk orang tua Menghadapi Anak yang Melek Teknologi
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Di dunia di mana anak-anak tumbuh di dunia digital, rasanya penting untuk membantu mereka mempelajari konsep yang sehat tentang penggunaan digital.

Tentu saja, orang tua memainkan peran penting dalam membuat dan mengajarkankan bagaimana membuat anak tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi, namun tetap aman.

Menurut organisasi Healthy Children, ada beberapa cara bagi orang tua untuk menjaga anak di era digital ini.

Buat rencana penggunaan gadget

Gadget untuk berselancar di dunia digital bagi anak harus sesuai dengan gaya pengasuhan anda dan pasangan. Buat jadwal di luar untuk sekolah saat belajar online, kapan anak boleh menggunakan gadget-nya untuk bermain.

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Ingat bila digunakan secara tidak tepat atau tanpa rencana, menggunakan gadget dapat menggantikan banyak aktivitas penting seperti interaksi tatap muka, waktu bersama keluarga, bermain di luar ruangan, olahraga, waktu istirahat yang cukup dan tidur.

Perhatikan Lingkungan Digital Anak

Seperti layaknya pergaulan di dunia nyata, orang tua juga harus mengetahui lingkungan anak-anak anda baik online dan offline.

Ketahui lingkaran pertemanan di media sosial, aplikasi apa yang digunakan anak-anak Anda, situs apa yang mereka kunjungi di web, dan apa yang mereka lakukan saat online.

Kontrol Aktivitas Digital Anak

Mengontrol dari jauh bukan berarti melarang. Para orang tua bisa menggunakan aplikasi seperti Google Family Link, untuk mengontrol ponsel anak untuk memantau aktivitas penggunaan gadget dan aplikasi apa saja yang digunakan.

Agar tidak berlebihan, ayah dan ibu juga bisa mengontrol dari sisi penggunaan pulsa atau kuota data internet. Selain bisa menjaga agar anak tidak berlebihan di dunia digital, para orang tua juga bisa mengontrol pengeluaran.

Nah, salah satu layanan yang cocok untuk mengatur hal tersebut adalah Smooa. Ini merupakan layanan IndiHome hasil kolaborasi dengan Telkomsel.

Apa itu Smooa?

Smooa merupakan layanan add-on IndiHome yang menawarkan paket mobile data kuota keluarga dari Telkomsel yang dapat dibagikan kepada anggota keluarga.

Layanan Smooa menawarkan beragam fitur menarik. Keutamaan layanan Smooa adalah adanya Kuota Keluarga, dimana pelanggan bisa menggunakan kuota internet mobile bersama dengan 3 hingga 6 nomor telepon yang telah didaftarkan.

Selain itu, Smooa juga memiliki fitur satu tagihan yang memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan IndiHome dan Telkomsel dalam satu pembayaran sehingga lebih praktis. Dengan menggunakan layanan Smooa, Pelanggan dapat merencanakan dan mengelola ketersediaan kuota data untuk seluruh anggota keluarga.

Berikut ini beragam keuntungan berlangganan add-on Smooa:

  1. Gratis nelpon dan SMS ke sesama pengguna Smooa dalam satu nomor IndiHome.
  2. Efisien memaksimalkan penggunaan kuota dengan fitur berbagi kuota bersama.
  3. Dapat memonitor penggunaan kuota semua keluarga melalui berbagai perangkat.
  4. Fleksibel merubah pembagian kuota.
  5. Pembayaran tagihan praktis karena menyatu dengan tagihan IndiHome.

Selain itu ada syarat dan ketentuan berlangganan, di antaranya

  1. Penawaran add-on Smooa berlaku bagi pelanggan IndiHome.
  2. Pelanggan IndiHome wajib memiliki nomor Telkomsel yang dapat dijadikan minimal satu nomor utama dan dua nomor sebagai anggota/member.
  3. Pastikan bahwa nomor Telkomsel adalah nomor yang masih aktif, tidak dalam posisi menunggak pembayaran (postpaid) dan tidak dalam masa tenggang (prepaid).
  4. Pada satu paket add-on Smooa terdapat satu nomor utama dan maksimal lima nomor Telkomsel yang dapat dijadikan anggota atau member.
  5. Saat ini, yang dapat dijadikan nomor utama adalah nomor prepaid Telkomsel.
  6. Add-on Smooa akan aktif selama 30 hari dan akan diperpanjang secara otomatis, kemudian untuk biaya berlangganan akan masuk ke dalam tagihan IndiHome Anda setiap bulan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan Samooa ini, bisa mengunjung situs IndiHome melalui link berikut ini.





Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article