icon-category Digilife

Cek Arah Kiblat, Matahari Melintas di Atas Kakbah 27 - 28 Mei

  • 27 May 2020 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Ekrem Osmanoglu / Unsplash

    Uzone.id- Apakah arah kiblat kamu sudah benar gaes? Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memberitahu kalau tanggal 27 dan 28 Mei 2020 akan terjadi fenomena alam yang muncul setiap tahun, yakni matahari akan melintas di atas kakbah.

    Jadi, waktu yang tepat untuk kaum Muslim melakukan kalibrasi arah kiblat.

    Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim mengatakan bahwa berdasarkan data astronomi, Rabu (27/05) dan Kamis (28/05), matahari akan melintas tepat di atas Kakbah.

    BACA JUGA: Kapal Perang AS Hancurkan Drone Pakai Senjata Laser

    “Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," terang Agus Salim dalam pernyataannya, yang dimuat dalam situs resmi Kementerian Agama.

    Peristiwa semacam ini dikenal dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah, di mana waktu Matahari di atas Kakbah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

    Momentum ini bisa digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

    Kamu bisa ikuti caranya seperti berikut ini:

    1 Sesuaikan jam yang digunakan dengan jam BMKG, RRI atau Telkom

    2. Pasang batang yang lurus secara tegak lurus pada permukaan yang datar. Pastikan batang tersebut menghasilkan bayangan.

    3. Tandai arah bayangan yang dihasilkan oleh batang lurus saat Matahari tepat berada di atas Kakbah pada pukul 16.18 WIB.

    4. Arah kiblat mengarah dari ujung bayangan menuju batang yang disediakan

    5. Kondisi seperti ini akan terulang tiap tahunnya pada tanggal 27-28 Mei dan 15-16 Juli.

     

    VIDEO Live! Bareng Mba Gadget Ngobrolin HaPe Buat Lebaran

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini