Auto

Cek Filter Udara Mobil Usai Terendam Banjir

  • 21 February 2017
  • Bagikan :

    Curah hujan di DKI Jakarta dan sekitarnya mulai tinggi. Akibatnya, sejumlah wilayah atau jalan menjadi tergenang air atau banjir dengan ketinggian beragam.

    Bahkan, tidak sedikit kendaraan baik itu sepeda motor atau mobil terendam banjir atau terpaksa menerabas. Jika seperti, dan mesin sempat mati, jangan langsung menyalakan lagi.

    Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), sebaiknya pengemudi mobil mengecek kondisi kendaraannya.

    "Paling utama mengecek apakah ada air yang masuk ke sistem intake atau tidak," kata Anjar kepada Otomania.com melalui pesan singkat, Selasa (21/2/2017).

    Berita Terkait:

    Dijelaskan Anjar, caranya lihat komponen filter udara, apakah kering atau basah. Posisi saringan itu setiap mobil berbeda-beda, tetapi pada umumnya berada di dalam kap mesin.

    "Kalau saringan udara atau air filternya basah, jangan langsung menyalakan mesin. Sebaiknya panggil atau langsung datang ke bengkel terdekat untuk memastikan kondisi mobilnya itu sendiri," ujar Anjar.

    Anjar menambahkan, jika pemilik mobil langsung menyalakan mesin, risiko yang ditanggung cukup besar. Potensi terjadinya water hammer sangat terbuka, dan untuk memperbaiki butuh biaya lumayan banyak.



    Copyright Kompas.com