home ×
Digilife

CEO Google Hingga Menkominfo Sambut Google Cloud Jakarta untuk Digitalisasi

24 June 2020 By
CEO Google Hingga Menkominfo Sambut Google Cloud Jakarta untuk Digitalisasi
Share
Share
Share

(Ilustrasi/foto: Morning Brew / Unsplash)

Uzone.id -- Google memilih Jakarta sebagai area ke-24 yang menerima kolaborasi platform Google Cloud untuk membantu percepatan digitalisasi di Indonesia, khususnya pengelolaan perusahaan dan penyimpanan data. Hal ini turut disambut oleh sang CEO Google dan MenteriKomunikasi dan Informatika RI.

“Indonesia memiliki kesempatan besar untuk terus berkembang, khususnya mengarah ke arah digital. Sejauh ini ada 150 juta pengguna internet di mana setiap tahun terus berkembang sebesar 40 persen. Kami bangga untuk terus berkontribusi di Indonesia,” ungkap CEO Google, Sundar Pichai dalam keynote speech virtualnya di YouTube, Rabu (24/6).

Google Cloud Region di Jakarta ini menjadi upaya selanjutnya dari sang raksasa teknologi untuk memberikan alat transformasi bisnis bagi semua pelaku usaha di Indonesia, baik usaha besar, startup, hingga UMKM.

(Ucapan pembuka CEO Google Sundar Pichai dalam peluncuran Google Cloud Region Jakarta)

Baca juga: Google Pilih Jakarta Jadi Region ke-24 untuk Platform Cloud

Selain Pichai, ada juga Menkominfo Johnny G. Plate yang juga menyampaikan selamat kepada Google atas peluncuran Google Cloud Region di Jakarta.

“Kehadiran Google Cloud Region ini tentu akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi digital di Indonesia. Mulai dari kehadiran pusat data yang dapat memperkokoh privasi, hingga dukungan teknologi yang dapat mempertajam penerapan tools seperti Data Analytics, AI [Artificial Intelligence], dan machine learning,” tutur Johnny di saat yang sama.

Johnny juga menyinggung tentang rencana Revisi UU Perlindungan Data Pribadi yang masih digodok pemerintah sebagai regulasi yang memayungi urusan data pribadi, termasuk data yang disimpan di komputasi cloud digital seperti halnya Google Cloud.

“Kami juga masih bekerja sama dengan DPR dalam proses politik untuk percepatan pengesahan RUU PDP agar semakin pasti mengenai pentingnya keamanan dan kedaulatan data di berbagai forum internasional,” kata Johnny.

Sekadar diketahui, dari penjelasan CEO Google Cloud Thomas Kurian, kehadiran Google Cloud Region di Jakarta dapat menjadi solusi bagi transformasi industri yang spesifik ingin menuju digitalisasi, seperti ritel, kesehatan, media dan hiburan, industri dan manufaktur, hingga sektor publik.

Google Cloud Region Jakarta ini juga dapat menjadi alat untuk mengembangkan manajemen dalam menyediakan pusat data, hingga tulang punggung jaringan global. Salah satu yang ditawarkan adalah G-Suite, yang bekerja sama dengan PT Metranet, anak usaha PT Telkom Indonesia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 24 June 2020 | 17:53:33

google cloud itu untuk apa yah kalo boleh tau

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id