home ×
Digilife

CEO Reddit Sebut TikTok Parasit yang juga Mata-mata

01 March 2020 By
CEO Reddit Sebut TikTok Parasit yang juga Mata-mata
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Pertumbuhan TikTok yang cukup cepat sepertinya tidak disambut baik oleh para petinggi perusahaan teknologi, khususnya di Amerika. Usai Facebook mengungkapkan kekhawatirannya, platform media sosial berbasis berita, Reddit pun menyatakan kritiknya.

Dilansir melalui The Independent, CEO Reddit, Steve Huffman mengkritik TikTok yang disebutnya sebagai aplikasi parasit. Menurutnya, aplikasi video viral yang sedang naik daun itu telah melecehkan privasi dan data personal milik penggunanya.

Hal ini diungkap Huffman dalam sebuah pidato di depan para investor SIlicon Valley, termasuk wirausahawan dan media massa yang hadir dalam event Social 2030.

Baca juga: TikTok Luncurkan Program Baru untuk Rayakan Keberagaman Indonesia

Sebelumnya, salah satu panel dalam konferensi tersebut, mantan bos Facebook Sam Lessin, sempat memuji TikTok karena memiliki fitur yang cukup inovatif. Namun tidak seperti Lessin, Huffman malah memberikan peringatan kepada orang-orang untuk waspada dan bersikap skeptis pada aplikasi buatan China itu.

"Mungkin saya akan menyesali perkataan ini tapi saya tidak bisa berhenti memikirkannya. Soalnya saya melihat aplikasi ini benar-benar parasit yang terus mendengar. Teknologi sidik jari yang mereka gunakan benar-benar mengerikan. Saya tidak bisa menginstal aplikasi seperti itu ke dalam ponsel saya," kata Huffman.

Tak hanya itu. Huffman juga mengaku bahwa dirinya kerap memberitahukan orang lain untuk waspada saat menginstal aplikasi ini. Bahkan jika memungkinkan, dia akan melarang orang lain untuk menginstalnya.

Baca juga: Pemblokiran Ponsel Ilegal, Apa yang Harus Dilakukan Warga Indonesia?

"Saya sering bilang ke orang-orang, jangan menginstal spyware (software mata-mata) ke dalam ponsel kamu," kata Huffman.

Data terakhir dari Sensor Tower menunjukkan bahwa TikTok sukses menyalip WhatsApp sebagai aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak. Pada Desember 2019, ada peningkatan 46 persen dalam periode yang sama di tahun lalu. Douyin (nama lain dari TikTok di China) dan TikTok sudah diunduh 104 juta kali di Google Play Store dan App Store di perangkat Apple.

Kini, ketenaran aplikasi video pendek ini terus melambung. Mengutip Gizmo China, berdasarkan data terbaru dari Sensor Tower, total unduhan TikTok telah melampaui 1,82 miliar. Dari perpektif tren, volume unduhan pada Februari 2020 diperkirkan akan mencapai titik tertinggi dan pertumbuhan yang cepat akan terjadi di negara-negara berkembang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id