icon-category Digilife

CEO Ruangguru Belva Devara Resmi Jadi Staf Khusus Jokowi

  • 21 Nov 2019 WIB
  • Bagikan :

    CEO Ruangguru Belva Devara (kiri) dan CPO Ruangguru Iman Usman (Foto: Kinibisa)

    Uzone.id - Presiden Joko Widodo telah memperkenalkan tujuh orang staf khusus baru dari kalangan milenial kepada media di Istana Merdeka, Kamis (21/11/2019).

    Di antara ketujuh nama itu ada CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara (29). Sedangkan enam lainnya ada Putri Indahsari Tanjung (23 tahun Lulusan Academy of Art San Fransisco), Andi Taufan Garuda Putra (32 tahun, Lulusan Harvard Kennedy School), Ayu Kartika Dewi (Pendiri Gerakan Sabang-Merauke), Gracia Billy Mambrasar (31 tahun, lulusan Oxford Universtiy), Angkie Yudistia (32 tahun), dan Aminuddin Maruf (33 tahun, mantan ketum PB PMII).

    Saat perkenalan, suasana begitu santai. Jokowi beserta staf khusus barunya itu duduk di bean bag, dan semua kompak mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam. 

    Baca juga: Yasmin Napper, Antara Suka iPhone hingga Jadi Hacker

    CEO Ruangguru Belva Devara (Foto: Kinibisa)

     

     

    Jokowi mengatakan, para staf khusus milenial ini tidak perlu setiap hari bertemu. Cukup satu minggu sekali memberikan laporan.

     

    "Tidak harus tiap hari bertemu," kata Jokowi, seperti dilansir liputan6.

     

    Usia masih 29 tahun, namun karier Adamsyah Belva Syah Devara begitu bersinar. Setelah sukses mendirikan startup Ruangguru bersama Muhammad Iman Usman, dia digadang-gadang akan diplot jadi staf khusus Presiden Joko Widodo untuk periode 2019-2024.

    Dilansir Wikipedia, Adamas Belva Syah Devara lahir di Jakarta, 30 Mei 1990 adalah seorang pengusaha, tokoh muda, dan aktivis sosial. Belva Devara, alumnus bergelar ganda dari Harvard University dan Stanford University ini dikenal sebagai Pendiri dan Direktur Utama (CEO) dari perusahaan startup di bidang pendidikan dan teknologi terbesar di Indonesia, Ruangguru.

    Pada tahun 2017, ia terpilih sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Forbes Magazine.

    Pada bulan November 2017, Belva diundang oleh Presiden Joko Widodo di rapat kabinet terbatas di Istana Bogor yang dihadiri oleh 19 menteri, mulai dari Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian, Menteri Tenaga Kerja, hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

    Baca juga: LAPAN Kunjungi Helikopter Rakitan Buatan Jujun Junaedi

    Dalam rapat kabinet terbatas tersebut, Belva diundang untuk memberikan pandangan-pandangan apa yang diperlukan dalam menghadapi perubahan-perubahan teknologi yang sangat cepat di dunia pendidikan.

    Belva telah menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional atas kepemimpinannya membangun Ruangguru, dan aktif berbicara di forum nasional dan internasional di lima benua, termasuk pada Global Education Technology (GET) Summit 2017 di Beijing, World Economic Forum on ASEAN 2018 di Hanoi, dan Mobile World Congress 2018 di Barcelona.

    Pada tahun 2017, Belva mendapatkan penghargaan prestisius menjadi salah satu dari 30 pemuda di bawah umur 30 tahun tersukses dalam bidang kewirausahaan teknologi di Asia oleh Forbes Magazine.

     

    VIDEO Review Zenfone 6

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini