Sponsored
Home
/
Technology

Chat Bot Telkomsel Veronika Belum Hadir di WhatsApp, Apa Sebabnya?

Chat Bot Telkomsel Veronika Belum Hadir di WhatsApp, Apa Sebabnya?
Preview
Danang Setiaji10 November 2017
Bagikan :

Ikhtisar

  • Tidak adanya open API di WhatsApp menjadi penghambat masuknya Veronika ke WhatsApp.
  • Veronika rencananya akan hadir di platform lain seperti Direct Message Twitter di 2018

Sejak bulan Agustus 2017, perusahaan telekomunikasi tanah air Telkomsel telah menghadirkan layanan chat bot bernama Veronika yang mampu melayani para pelanggan mereka lewat Facebook MessengerLINE, hingga Telegram. Dari sekian saluran chatting tersebut, Telkomsel hingga kini belum bisa menghadirkan layanan Veronika di aplikasi chatting dan media sosial lainnya seperti WhatsApp karena alasan tertentu.

“Yang sudah kami coba dan gagal adalah WhatsApp. Karena WhatsApp tidak ada open API (application programming interface). Kalau pakai bot malah diblokir karena dianggap spam,” ujar Vice President Customer Care Management Telkomsel Andri Wibawanto selaku  di sela-sela acara Digital Summit Indonesia 2017.

Layanan chat bot Veronika | Screenshot
Preview

Meski begitu, Andri menuturkan saat ini Telkomsel tengah membahas kemungkinan untuk menghadirkan Veronika di saluran lain. Misalnya, seperti rencana menampilkan Veronika di fitur Direct Message Twitter pada  awal 2018. Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan pihaknya sudah melakukan pendekatan ke WhatsApp. Namun hingga layanan Veronika diluncurkan, belum ada kesepakatan yang tercapai antara kedua belah pihak

“Sudah ada diskusi dan pembicaraan tapi dia belum membuka diri dengan pihak lain,” kata Ririek. GM Digital Customer Touch Point Management Telkomsel, Sihol U. Pardamean juga menyampaikan hal senada. Menurutnya sebelum peluncuran Veronika pada bulan Agustus 2017, Telkomsel telah mengadakan pertemuan dengan pihak WhatsApp. “Awalnya kita sudah ketemu dengan pihak WhatsApp tapi belum buka. Kalau sudah ready, nanti kita akan tambahkan,” ujarnya saat itu.

Adapun di luar industri telekomunikasi, BNI yang bergerak di industri perbankan juga mulai mengadopsi layanan chat bot bernama Cinta: Personal Intelligent Banking, yang bekerja sama dengan BJtech. Dengan menggunakan Cinta, nasabah BNI nantinya bisa melakukan kegiatan perbankan baik yang bersifat transaksi maupun non transaksi hanya dengan melakukan percakapan melalui Facebook Messenger maupun Direct Message di Twitter.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Chat Bot Telkomsel Veronika Belum Hadir di WhatsApp, Apa Sebabnya? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

populerRelated Article