home ×
Digilife

China Bakal Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Pada 2028, Kalahkan AS

28 December 2020 By
China Bakal Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Pada 2028, Kalahkan AS
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - China diyakini akan menjadi negara dengan perekonomian paling maju dan besar di dunia pada 2028. Pemilik Tembok besar dan panjang ini akan mengalahkan Amerika menjadi negara adidaya.

Pencapaian itu diprediksi akan didapat China pada 2028, lima ahun lebih cepat dari prediksi yang dipaparkan sebelumnya oleh perusahaan riset dari Inggris. Bahkan pengelolaan Covid-19 yang cekatan dan terampil di negara itu menjadi salah sau faktor cepatnya pertumbuhan perekonomian negara Xi Jinping itu, dibanding Amerika dan Eropa.

Sedangkan negara serumpun, Jepang diperkirakan akan muncul sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang besar nomor tiga pada 2030 nanti. Kemudian India bisa jadi mengambil alih posisi Jepang, dan mendorong Jerman berada di posisi lima.

Baca juga: China Siap Berbagi Batu Bulan dengan Negara Lain

Riset ini dilaporkan oleh Centre for Economics and Business Research (CEBR) yang memang dilakukan tiap tahun dan laporannya disebar tiap 26 Desember.

"Meski China menjadi pusat dari penyebaran awal virus corona namun mereka berhasil mengendalikannya melalui tindakan dan protokol yang ketat. Ini artinya, mereka tidak perlu berlama-lama menerapkan lockdown, yang akan mempengaruhi perekonomian negara. Tidak seperti negara-negara di Eropa," tulis laporan CEBR, dilansir dari iNews.co.uk, Senin, 28 Desember 2020.

Tidak seperti negara lainnya. China dianggap telah berhasil keluar dari krisis di 2020. Bahkan diperkirakan pertumbuhan ekonominya akan naik dua persen tahun ini.

Berbeda dengan Amerika yang masih harus berjuang melawan virus corona sampai tahun depan. Dampak ekonomi sedikit terbantu oleh kebijakan stimulus dan moneter yang cukup besar. Walaupun dampak besarnya, di 2021 nanti, ada sekitar 14 juta warga Amerika yang akan hidup tanpa tunjangan apapun.

BACA JUGA: Tips Balas Pesan WhatsApp Tanpa Online

Dalam laporan tersebut juga diprediksi jika pasca bangkit di 2021, ekonomi Amerika hanya akan naik 1,9 persen per tahun dari 2022 sampai 2024. Kemudian angkanya kembali melambat sampai 1,6 persen di tahun-tahun berikutnya. Sangat kontras jika dibandingkan China yang ekonominya mulai naik 5,7 persen per tahun sampai 2025, dan 4,5 persen per tahun dari 2026 sampai 2030.

"Pangsa pasar China terhadap ekonomi dunia telah naik dari 3,6 persen di tahun 2000 menjadi 17,8 persen tahun ini. China akan menjadi negara dengan pendapatan ekonomi paling tinggi di 2023. Bukan karena penanganan Covid-19 yang sangat baik tapi juga kebijakan agresif di industri apapun, salah satunya teknologi dan manufaktur," ujar Deputy Chairman CEBR, Douglas McWilliams.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article