icon-category Digilife

Chrome Siap Tambal Keamanan untuk Mode Incognito

  • 16 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi foto: Brett Jordan/Unsplash

    Uzone.id -- Penjelajahan pribadi atau yang sering disebut dengan mode Penyamaran/Incognito adalah salah satu mekanisme perlindungan privasi dasar yang ditawarkan browser web saat ini.

    Mode Incognito sebenarnya hanya memastikan tidak ada jejak pencarian di browser, tidak seperti tanggapan orang-orang yang menganggap bahwa mode ini merupakan perlindungan total pada privasi pengguna.

    Perlindungan ini dianggap percuma alias "sama aja boong" jika orang lain masih saja memainkan ponsel kalian disaat browser terbuka. Nah maka dari itu, Google kembali mengerjakan ulang Mode Incognito di Android.

    Baca juga: 5 Tips Google Chrome yang Menarik Dicoba

    Akses langsung oleh pengguna lain ke ponsel membuat keamanan benar-benar diragukan, apalagi saat kunci ponsel sudah terbuka.

    Mode Incognito juga takkan ada gunanya jika tab terbuka di latar belakang, maka dari itu Chrome berencana untuk menambahkan lapisan keamanan lain seperti PIN dan otentikasi biometric di Ponsel pengguna.

    Mengutip Slashgear, Chrome Story melaporkan adanya flag baru di Chrome untuk versi Android. Setelah ‘bendera’ tersebut diaktifkan dan Chrome di restart, setelan privasi dan keamanan baru akan memungkinkan pengguna mengaktifkan sistem reotentikasi. Jika diaktifkan, pengguna harus memasukkan PIN ponsel, sidik jari atau face unlock untuk mengakses Tab Incognito.

    Baca juga: Buka-bukaan Anggaran Chromebook di Indonesia

    Eksperimen ini sebelumnya diterapkan di Chrome dan iOS, sayangnya penerapan ini belum tersedia untuk masyarakat umum. Begitupun untuk Android yang masih dalam tahap rencana.

    Sementara itu, perlu diingat kalau Mode Incognito ini tidak sepenuhnya aman dan personal karena web, operator bahkan Google masih bisa melihat aktivitas pengguna.

    VIDEO: Hands-on Galaxy Z Fold3 dan Flip3

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini