icon-category News

Cina Luncurkan Kereta Api Berkecepatan 400 Km/Jam

  • 27 Jun 2017 WIB
Bagikan :

Cina meluncurkan kereta api peluru (bullet train) jenis baru dengan kecepatan 400 kilometer per jam yang sepenuhnya berteknologi lokal untuk melayani para penumpang di ruas jalur Beijing-Shanghai, Senin (26/6/2017).

Kereta generasi baru yang dinamakan Fuxing model A-CR400AF berangkat dari Stasiun Beijing Selatan tujuan Shanghai pada pukul 11.05 waktu setempat (10.05 WIB).

Pada saat yang sama kereta sejenis model A-CR400BF bertolak dari Stasiun Hongqiao, Shanghai, menuju Beijing.

Kereta peluru yang juga dikenal sebagai kereta multiguna (EMU) tersebut dirancang bangun di Cina, demikian Kantor Berita Xinhua melaporkan.

Menggunakan sistem monitor canggih yang secara konstan kereta tersebut bisa mengecek pergerakan kecepatan dan pelambatan secara otomatis dalam keadaan darurat.

GM China Railway Corp sebagai operator KA Fuxing, Lu Dongfu, mengatakan bahwa keretanya sangat mendukung kebutuhan moda transportasi kereta cepat dalam pembangunan sosial dan ekonomi Cina sebagaimana dilaporkan People's Daily.

Cina merupakan pemilik jaringan perkeretaapian terbesar di dunia. Panjang jalurnya pada 2016 telah mencapai 22.000 kilometer atau 60 persen dari total panjang jaringan kereta api di dunia.

Beijing-Shanghai merupakan ruas jalur kereta api tersibuk di Cina yang setiap hari dilalui 50.500 orang per hari. (Antara)

 

Berita Terkait:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini