icon-category Digilife

Circle to Search, Kepoin Apapun di Internet Tinggal Lingkari Objeknya

Uzone.id - Searching apapun jadi lebih mudah dan mengasyikkan lewat fitur Circle to Search yang hadir sebagai salah satu fitur baru di Samsung Galaxy S24 Series. Fitur ini jadi cara baru untuk mencari berbagai macam informasi lewat potongan gambar lewat perangkat genggam.

Kalian pasti pernah penasaran pada barang yang muncul pada cuplikan film atau ketika scrolling konten di media sosial. Kalau sebelumnya harus screenshot terlebih dahulu dan mencarinya di Google Images atau Google Lens, sekarang tinggal lingkari saja objek yang ingin dicari informasinya.

Segampang itu untuk mencari berbagai informasi lewat Circle to Search. Fitur ini merupakan hasil kolaborasi antara Samsung dan Google, dan Galaxy S24 Series menjadi smartphone pertama yang mendapatkan fitur ini.

Cara menggunakan fitur ini begitu simpel. Gak perlu buka aplikasi Google atau fitur Google Lens, cukup tekan dan tahan tombol Home, otomatis Circle to Search bakalan muncul di atas aplikasi atau konten apapun yang sedang kalian lihat.

alt-img

Cukup lingkari, sorot, atau mengetuk objek (bisa gambar dan teks) yang ingin dicari, kemudian informasi yang kalian cari akan muncul di layar. Bahkan dalam beberapa kasus, Circle to Search juga akan memberikan informasi harga jika kalian mencari sesuatu barang menarik.

Circle to Search menggunakan teknologi multisearch yang disokong oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) dari Google. 

Teknologi ini mendukung kueri lewat teks dan gambar secara bersamaan untuk mencari berbagai informasi dari seluruh web. Misalnya, melingkari suatu objek sekaligus mengajukan pertanyaan yang terkait, maka Google akan menampilkan informasi yang lebih lengkap kepada pengguna.

Gak terbatas di Samsung Galaxy S24 Series saja, Google juga meluncurkan fitur ini untuk Pixel 8 dan 8 Pro. Di acara Galaxy Unpacked 2024, raksasa pencarian itu juga mengatakan bakal menghadirkan fitur Circle to Search pada lebih banyak smartphone Android flagship pada tahun ini.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini