icon-category Auto

Citroen Is Back! Bawa Citroen C3 ke Indonesia Bulan Depan

  • 22 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Citroen C3 (Foto: Citroen India)

    Uzone.id - Mobil-mobil keluaran Citroen dikenal memiliki kenyamanan yang bagus. Tentunya beberapa dari kalian kangen akan kehadiran brand asal Prancis ini di tanah air. Kabar baiknya, Citroen bakal comeback ke Indonesia pada Oktober tahun ini.

    Kedatangannya ke Indonesia bakal ditandai dengan hadirnya Citroen C3. Mobil ini tertangkap kamera sedang terparkir di sebuah gedung perkantoran di Jakarta, kemudian dibagikan oleh akun Instagram @indra_fathan.

    Sama-sama made in India, Citroen C3 nantinya akan bersaing dengan Renault Kwid dan Suzuki S-Presso. Soal harganya di Indonesia, belum ada informasi pasti.

    Sebagai informasi, Citroen C3 di India dipasarkan Rp151 jutaan untuk model tertingginya. Sementara di Brazil, mobil ini tampil lebih mewah dengan fitur yang lengkap, sehingga harganya pun jauh lebih mahal mencapai Rp284 jutaan untuk varian tertinggi.

    BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

    Nantinya, Indomobil Group didapuk sebagai mitra lokal atau distributor resmi mobil Citroen di Indonesia. Indomobil Group diketahui jadi distributor mobil penumpang macam Audi, Jaguar, Land Rover, Nissan, Kia, dan Suzuki.

    Selain itu, Indomobil Group juga jadi distributor kendaraan komersial dari brand Volvo, Renault Trucks dan Hino.

    Kabar Citroen akan jualan mobil lagi di Indonesia sebetulnya sudah disampaikan oleh Presiden Direktur Group Indomobil, Jusak Kertowidjojo pada Agustus lalu.

    "Infonya benar," kata Jusak, seperti dikutip dari Detikoto.

    Citroen Indonesia juga sudah membuat akun Instagram resmi @citroenidn dan terlihat sudah di-follow oleh Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kereta Indo Artha (KIA).

    Akun milik Citroen Indonesia itu juga sudah terlihat aktif dan sejauh ini sudah diikuti oleh 900-an followers.

    BACA JUGA: Honda Mau Luncurkan Motor Baru Pekan Depan, Vario 125 eSP+?

    Sejarah Citroen di Indonesia

    Ifan Ramadana, Sekretaris Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), pernah bercerita bahwa Citroen bisa eksis di Indonesia awalnya dibawa oleh insinyur Prancis ketika membangun waduk Jatiluhur di tahun 1960an.

    Untuk modelnya sendiri yang dibawa pertama kali adalah 2CV dan DS. Sebenarnya, Citroen sudah hadir di Hindia Belanda, jauh sebelum nama 'Indonesia' dicetuskan.

    "Saya punya majalah Surabaya terbitan tahun 1930 ada iklan Citroen," tutur Ifan, seperti dikutip dari Kumparan.

    Selanjutnya, PT Alun menjadi agen Citroen pertama di tahun 1970-an dengan menjual model Dyane dan FAF. Model lainnya yang dibawa ke tanah air ada sedan GS, sedan CX dan BX di tahun 1970an hingga 1990an.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini