home ×
Digilife

Clubhouse Persiapkan Versi Android, Pengguna iOS Kurang Banyak ya?

04 May 2021 By
Clubhouse Persiapkan Versi Android, Pengguna iOS Kurang Banyak ya?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Clubhouse. (Foto: Erin Kwon/Unsplash)

Uzone.id -- Aplikasi super hits, Clubhouse sedang dalam proses pengembangan untuk menghadirkan versi Android. Hal ini diumumkan langsung oleh perusahaan saat rapat mingguan. Apakah karena pengguna dari perangkat iOS masih kurang banyak? Bisa jadi.

Aplikasi live audio satu ini sedang dalam tahap uji coba beta versi Android, dan ke depannya akan mengandalkan feedback dari pengguna non karyawan sebelum akhirnya meluncur secara publik.

Clubhouse selama ini memang terkesan eksklusif, selain karena memang baru tersedia untuk perangkat iOS, pengguna harus mendapatkan undangan terlebih dahulu agar bisa memiliki akun.

Baca juga: Clubhouse Raih Kucuran Dana Rp58 Triliun

Mengutip TechCrunch, bisa jadi Clubhouse agak telat menghadirkan aplikasi versi Android mengingat sudah banyak kompetitor lain yang tampak begitu agresif untuk menghadirkan fitur live audio serupa agar lebih banyak digunakan oleh pengguna ponsel apapun. Sebut saja Facebook, Twitter, Reddit,dan lainnya.

Hal menarik lainnya, lembaga riset Apptopia memaparkan data bahwa Clubhouse telah diunduh sebanyak 13,5 juta kali di perangkat iOS per Mei 2021. Namun, angka unduh harian (daily download) diklaim mengalami penurunan yang disebabkan dari anjloknya jumlah pengguna aktif harian.

Dari data Apptopia, pengguna aktif harian Clubhouse turun 68 persen jika dibandingkan di masa tertingginya pada Februari lalu. Apptopia tidak mengatakan kalau tren Clubhouse telah berakhir, melainkan aktivitas live audio sebagai kebiasaan harian sudah mulai berkurang.

Baca juga: Reddit 'Kena Getah' Bikin Layanan Pesaing Clubhouse

Dari sini, tandanya Clubhouse harus menggenjot pertumbuhan aplikasi jika ingin terus bersaing dan dilirik oleh pengguna global.

Apptopia menemukan bahwa rata-rata waktu sesi per user di Clubhouse sekitar 125 persen lebih tinggi dibandingkan pengguna Snapchat atau Instagram. Namun, jika membandingkan dengan aplikasi streaming lain seperti Spotify, Clubhouse masih kalah. Rata-rata waktu sesi per user di Spotify 63 persen lebih tinggi dibanding Clubhouse.

Belum ada kepastian kira-kira kapan Clubhouse akan merilis aplikasi versi Android agar menjangkau lebih banyak pengguna. Namun prediksinya, bisa jadi beberapa pekan ke depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article