icon-category Auto

Community Week: Pencinta Avanza-Xenia Merapat, Udah Kenalan sama AXIC?

  • 17 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Uzone.id

    Uzone.id - Dengan masuk komunitas, kita bisa saling membantu antar anggota, dan jadi sarana penting saling berbagi informasi yang cepat dan akurat.

    Komunitas juga bisa menjalin ikatan antar sesama anggota lebih kuat dan berkualitas. Apalagi dengan adanya kesamaan minat akan membuat setiap anggota komunitas bisa saling memberikan dukungan.

    Itu yang terjadi pada komunitas otomotif bernama AXIC (Avanza-Xenia Indonesia Club). Komunitas yang berdiri pada 3 April 2004 ini menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapat para anggota.

    BACA JUGA: Fitur Canggih Toyota Fortuner yang Diekspor ke Australia

    Ichan, Ketua Umum AXIC, mencontohkan ketika ada anggota yang melakukan perjalanan lewat darat ke luar kota, kemudian ada masalah pada mobilnya. Anggota AXIC lain yang kebetulan ada di wilayah tersebut akan selalu terbuka untuk membantu. 

    "Kita punya kita punya member dari Sabang sampai Merauke. Misalkan Om mau perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya itu melewati cabang-cabang kita. Misalnya, lewati Semarang, lalu ada Kediri, Jombang, Madiun, ya sampai dengan Surabaya jika kita mengalami trouble ya, mereka open untuk membantu kita, itu yang paling utama karena kita keluarga kita cukup besar, cukup baik sampai dengan saat ini," ungkap Ichan, berbicara di program 'Community Week: Ngobrolin Avanza Xenia Baru bareng Komunitas AXIC' yang tayang di YouTube Uzone Indonesia, Selasa (15/2/2022).

    Kedua, sambung Ichan, selain AXIC punya jumlah cabang dan anggota yang cukup besar, di beberapa bengkel resmi terdapat paket khusus untuk komunitas.

    Misalkan saja diskon service jasa, promosi, part-part yang memang sudah tidak lagi diproduksi tapi masih ada sisa, bengkel kadang bisa jual ke member dan bisa dibeli dengan diskon yang lumayan besar.

    Ketiga, dengan semakin banyak member AXIC, semakin banyak kita kumpul maka makin banyak berinteraksi dengan banyak orang.

    "Jadi, dari mulai kalangan-bawah sampai kalangan high class, kita ngumpul bareng tanpa membedakan strata. Jadi, semuanya itu udah ngumpul ya sudah, tua muda kita ngumpul, ngebully, udah, bebas seperti itu," tutur Ichan.

    AXIC sendiri punya tiga pilar selalu mereka pegang. Pertama keluarga, kedua otomotif, dan ketiga sosial. "Sampai dengan saat ini kenapa kita masih kompak ya, karena tiga pilar itu yang selalu kita junjung setiap kita mengadakan satu kegiatan seperti itu," kata dia.

    BACA JUGA: Tips Cerdas Beli Mobil Bekas, Awas Malah Buntung!

    Anggota Seumur Hidup

    AXIC akan genap berusia 18 tahun pada 3 April 2022 nanti. Terbentuknya AXIC berawal dari kumpul-kumpul biasa di mailing list, kemudian lanjut kopi darat di kawasan Senayan.

    Saat itu, tercetus untuk membuat komunitas Avanza-Xenia dengan Ketua Umum AXIC pertama Tono. Sampai saat ini, di Jakarta ada 12 chapter, sedangkan di seluruh Indonesia ada 59 chapter, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

    Tian, Bendaraha Umum AXIC, menjelaskan AXIC saat ini punya sekitar 6.400 anggota di seluruh Indonesia. Yang aktif sekitar 75 persen.

    Menurut Tian, yang membedakan AXIC dengan komunitas lain, meskipun kita sudah tidak punya unit Avanza-Xenia, namun keanggotaan tidak hangus.

    "Karena yang bisa menentukan kita member masih bisa join adalah nomor ID kita. Jadi kita tetap member walaupun unitnya sudah dijual, mereka masih jadi member. Kita juga ntar kita berpatokan sama nomor ID," ungkap Tian.

    Dengan kata lain, jadi anggota AXIC bisa seumur hidup!.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini