home ×
Auto

Continental Bikin Ban dari Botol Plastik Bekas, Lebih Ringan!

08 September 2021 By
Continental Bikin Ban dari Botol Plastik Bekas, Lebih Ringan!
Share
Share
Share
Share

Foto: Autoevolution

Uzone.id - Ban jadi komponen penting untuk mobil. Namun di masa depan, semakin banyak tantangan bagi produsen ban untuk menghadirkan ban yang lebih ramah lingkungan tapi juga punya bobot dan kualitas yang baik.

Nah Continental, produsen ban asal Jerman, meluncurkan konsep ban yang diklaim ramah lingkungan dan uniknya dibuat dengan menggunakan bunga-bungaan dan botol plastik bekas pakai.

Mengutip Munich Motor Show, Continental meluncurkan konsep ban bernama Conti GreenConcept yang mengklaim lebih dari setengah bahan bakunya berasal dari sumber terbarukan dan material daur ulang.

Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

Ban ini memiliki fitur bio-material seperti karet alam dari bunga dandelion, silikat dari abu sekam padi, serta minyak nabati dan resin. Sehingga secara signifikan mengurangi penggunaan material berbahan minyak mentah.

Sementara untuk cover terluar ban, menggunakan material poliester pertama di industri yang terbuat dari botol plastik daur ulang. Untuk membuat satu set ban untuk mobil, butuh lebih dari 60 botol plastik bekas.

Karena penggunaan material-material tersebut, membuat ban ini punya bobot yang lebih ringan dari ban karet konvensional, dengan bobot hanya 7,5 kg atau 40 persen lebih ringan dari ban konvensional.

Tapak bannya dibuat dengan 100 persen karet alam Taraxagum yang dirancang agar memiliki rolling resistance yang rendah. Hal ini memungkinkan mobil listrik bisa melaju 6 persen lebih jauh dan pastinya lebih irit BBM.

Selain itu, masih menggunakan konsep daur ulang, ban ini bisa divulkanisir beberapa kali, dengan tetap mempertahankan cover ban tidak rusak dan dapat digunakan kembali meski coumpound sudah habis atau botak.

VIDEO Review Motor listrik United T1800:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id